Apa Itu VClaim BPJS Kesehatan? Ini yang Perlu Anda Tahu

March 1, 2022by Admin dua0
cara-daftar-bpjs-kesehatan-mandiri-yang-mudah-dilakukan-1628093460.jpg

Di Era Industri 4.0 seperti saat ini, berbagai instansi ramai-ramai melakukan transformasi digital untuk menjawab tantangan zaman. Takterkecuali instansi kesehatan seperti rumah sakit, kini sudah banyak rumah sakit yang melakukan digitalisasi layanan. Salah satunya dengan menggunakan VClaim BPJS Kesehatan.

 

Apa Itu VClaim BPJS Kesehatan?

VClaim adalah aplikasi untuk membuat SEP (Surat Eligibilitas Peserta) bagi pasien BPJS Kesehatan oleh petugas rumah sakit. SEP sendiri adalah surat yang menunjukkan kecocokan peserta untuk bisa dijamin JKN-KIS. Selain untuk membuat SEP, aplikasi VClaim juga digunakan pihak rumah sakit untuk mengajukan klaim tagihan ke BPJS Kesehatan.

Jadi, peserta BPJS Kesehatan yang butuh penanganan segera, karena kecelakaan lalu lintas misalnya, bisa langsung datang ke IGD rumah sakit dan menunjukkan kartu JKN-KIS kepada petugas. Selanjutnya, petugas akan menginput data peserta ke aplikasi VClaim untuk mengecek apakah kartu aktif atau tidak. Jika kartu tersebut aktif, petugas akan membuatkan SEP Laka Lantas dan mengajukan klaim ke BPJS Kesehatan melalui VClaim.

Namun, cara tersebut khusus untuk kondisi darurat. Adapun untuk pengobatan biasa, peserta cukup mendatangi Faskes Tingkat Pertama seperti Puskesmas. Jika memang harus ke rumah sakit, di samping menunjukkan kartu BPJS, peserta juga wajib mendapatkan surat rujukan dari Faskes Tingkat Pertama dan menyerahkannya ke petugas rumah sakit.

Perlu digarisbawahi, VClaim ini dipergunakan oleh pihak rumah sakit, bukan peserta BPJS. Jadi, hanya pihak rumah sakitlah yang dapat mengakses aplikasi VClaim. Jika Anda peserta BPJS, Anda tidak perlu mencari tahu bagaimana membuat akun VClaim atau bagaimana mendapatkan username dan password, karena sekali lagi aplikasi ini bukan untuk Anda.

Baca Juga: Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan Program JHT, JKK, JKM & JP

 

Perbedaan VClaim dan Vedika

VClaim (Virtual Claim) dan Vedika (Verifikasi Digital Klaim) memang terdengar mirip. Namun, keduanya tidak sama.

Seperti yang sudah dijelaskan, VClaim adalah aplikasi untuk membuat SEP dan mengajukan klaim dari pihak rumah sakit ke BPJS Kesehatan. Sedangkan Vedika adalah proses untuk memverifikasi klaim yang diajukan rumah sakit oleh petugas verifikator BPJS. Proses verifikasi ini dilakukan secara digital menggunakan aplikasi VIDI di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten/Kota.

Dulu, sebelum menerapkan Vedika, BPJS Kesehatan menempatkan tim verifikatornya di BPJS Kesehatan Center yang ada di rumah sakit. Kini, dengan simplifikasi proses pelayanan melalui Vedika, petugas verifikator BPJS tidak perlu lagi ada di rumah sakit.

 

Manfaat VClaim

VClaim BPJS Kesehatan sangat bermanfaat baik bagi rumah sakit maupun peserta BPJS. Bagi rumah sakit, VClaim memberikan kepuasan karena pengurusan administrasi BPJS bisa dilakukan dalam hitungan menit. Selain itu, rumah sakit juga mendapatkan waktu pembayaran yang lebih pasti serta lebih cepat dan akurat daripada klaim secara konvensional.

Manfaat tersebut tentunya dirasakan juga oleh peserta BPJS Kesehatan. Peserta akan lebih puas karena tidak perlu menghadapi birokrasi pelayanan yang berbelit-belit apabila ingin berobat menggunakan BPJS.

Demikianlah penjelasan tentang VClaim BPJS Kesehatan. VClaim memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik itu rumah sakit, peserta, maupun pihak BPJS itu sendiri. Dengan aplikasi VClaim, proses administrasi dan pengajuan klaim bisa dilakukan dengan praktis, cepat, dan akurat.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend