5 Contoh Usaha Modal Kecil dengan Keuntung Besar

March 16, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-03-12-at-7.08.55-AM.jpeg

Banyak orang beranggapan butuh modal besar untuk memulai usaha. Anggapan ini benar jika usaha yang Anda rintis berskala besar. 

Namun, beberapa lini usaha ternyata hanya butuh modal kecil. Bahkan usaha modal kecil ini justru bisa memberikan keuntungan yang lebih besar. 

Contoh Usaha Modal Kecil dengan Potensi Untung Besar

Kecanggihan teknologi saat ini menjadi salah satu alasan kenapa seseorang bisa membuka usaha dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal. Berikut kami rekomendasikan 5 contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda pertimbangkan:

 

1. Dropshipper

 

Berbeda dengan reseller, sebagai dropshipper kamu tidak perlu stok barang sehingga risiko rugi semakin kecil. Untuk itu, kamu hanya membutuhkan modal koneksi internet dan perangkat mobile.

Skema penjualannya dengan memposting foto produk yang kamu jual. Saat ada konsumen yang berniat membeli, maka kamu baru bertindak untuk memesan. Skema ini membuat semua barang yang kamu jual sudah pasti laku karena proses pembelian ke supplier hanya terjadi saat ada konsumen yang pesan.

Baca Juga: Cara Menjadi Reseller dan Perbedaannya dengan Dropship

 

2. Kursus Privat

 

 

Ini adalah contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa dipertimbangkan. Kamu hanya perlu bermodal kendaraan untuk menuju ke rumah anak didik, metode mengajar yang tepat, dan ilmu.

Meskipun tidak berstatus sebagai guru di sekolah swasta atau negeri, kamu juga tetap bisa membuka les privat, kok. Kuncinya, kamu harus telaten menghadapi dan mengajari anak-anak.

Mengingat ini adalah les privat maka kamu juga perlu mengatur waktu agar jam mengajar yang kamu alokasikan memberikan hasil positif.

Les privat lebih banyak menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan les berkelompok. Kamu juga bisa fokus dalam mengajar.

 

3. Catering Rumahan

 

 

Contoh usaha satu ini setipe dengan dropshipper yang hanya mengeluarkan dana saat ada pesanan. Untuk menjalankan catering, kamu hanya perlu “menjual” foto menu yang sudah pernah dimasak.

Proses memasak yang sebenarnya baru akan terjadi saat ada pesanan masuk. Untuk menghindari terjadinya pesanan yang gagal, kamu bisa membuat sistem DP. 

 

4. Jastip

 

 

Jasa titip semakin populer untuk produk-produk di dalam dan luar negeri. Pangsa pasarnya sangat luas karena kesenjangan ekonomi antara penduduk di perkotaan dan pedesaan. Tidak semua outlet tersebar merata.

Kamu bisa memanfaatkan celah ini dengan jasa titip saat pergi ke suatu tempat. Lakukan sistem DP agar tidak terjadi hit and run

 

 

5. Camilan

 

Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk mencari ide dan cara usaha modal kecil. Ada banyak channel yang menyediakan informasi lengkap untuk membuat camilan dengan modal minim untuk dijual.

Bahkan tidak sedikit, pemilik channel yang menyertakan rekomendasi harga jual agar profit bisa lebih maksimal. 

Lakukan riset kecil dengan memilah video sesuai kategori. Misalkan kategori dessert, camilan dari bahan utama pisang, dan lain sebagainya. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah menentukan pilihan.

Jangan lupa riset daya beli lingkungan sekitar atau tempat Anda berjualan. Sesuaikan harga camilan sesuai dengan daya beli calon pelanggan.

 

Kesimpulan

Langkah pertama dalam memulai usaha memang tidak mudah. Namun, setidaknya kelima pilihan usaha modal kecil di atas bisa membantu Anda membuat perencanaan lebih matang. Ketika bisnis yang Anda rintis nanti berkembang lebih besar, jangan lupa untuk membayar pajak ya.

Konsultasikan segala hal tentang perpajakan badan usaha dan perorangan di RDN Consulting.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend