Tidak Ada KPP Pratama, Di Mana Bisa Membuat NPWP? - Rusdiono Consulting

March 6, 2020by admin0
NPWP-2-02-1280x956.jpg

NPWP tidak hanya digunakan dalam proses administrasi perpajakan, tapi juga menjadi dokumen wajib berbagai layanan umum, seperti pengajuan kredit, pembukaan rekening, syarat melamar kerja, atau bahkan kontrak kerja sama dengan kolega.

Nomor Pokok Wajib Pajak ini dikeluarkan oleh Dirjen Pajak kepada Wajib Pajak (perorangan maupun badan usaha) sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 2007. Setiap orang yang sudah berpenghasilan atau bekerja wajib membayar pajak penghasilan (PPh 21). Besaran pajak yang ditetapkan juga berbeda tiap orang, tergantung jumlah penghasilan yang diperoleh dalam setahun.

Di Mana Bisa Membuat NPWP?

Untuk Anda yang masih bingung di mana kantor pendaftaran atau pembuatan NPWP, cek daftar berikut.

  1. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama

Wajib Pajak umumnya akan datang ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama untuk pembuatan NPWP atau mengurus keperluan lain yang terkait dengan pajak, seperti pelaporan SPT. KPP Pratama hanya ada di kota-kota besar dengan jam operasional Senin-Jumat pukul 08.00-16.00.

  1. Pos Pelayanan Pajak

Untuk Anda yang tidak berada di kota besar, Pos Pelayanan Pajak bisa menjadi alternatif yang lebih mudah. Meski gedungnya kecil, Pos Pelayanan Pajak juga melayani segala kebutuhan perpajakan sama seperti KPP Pratama. Jam operasionalnya adalah Senin-Jumat 08.00-16.00.

  1. Daftar Online

Mengurus pembuatan NPWP pada jam atau hari kerja mungkin akan menyita waktu Anda. Jangan khawatir, sekarang pendaftaran NPWP juga bisa dilakukan secara online melalui website resmi DJP.

Pastikan e-mail Anda aktif dan siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Agar Anda tidak perlu datang ke kantor pajak, scan berkas menjadi soft file untuk diunggah di laman registrasi.

Setelah semua informasi dilengkapi, Anda akan mendapat e-mail aktivasi. Proses selesai dan Anda tinggal menunggu kartu NPWP dikirim ke alamat rumah. Pengajuan NPWP online bisa saja ditolak. Jika demikian, segera lengkapi data-data yang diminta.

Jadi, KPP Pratama atau Pos Pelayanan Pajak? Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan lokasi tempat tinggal. Semoga bermanfaat!

admin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend