Ternyata Ini Tujuan Dibuatnya Laporan Keuangan! - Rusdiono Consulting

January 2, 2020by admin0
Ternyata-Ini-Tujuan-Dibuatnya-Laporan-Keuangan-1280x846.jpg

Description: Pahami tujuan dibuatnya laporan keuangan, dengan begitu Anda akan mendapat gambaran betapa pentingnya dokumen satu ini. Apa sajakah itu?

Laporan keuangan dapat membantu Anda membuat keputusan mengenai proses ekspansi perusahaan. Adapun tujuan dibuatnya laporan keuangan tidak hanya untuk menunjukkan kinerja dan posisi keuangan perusahaan secara akurat, tetapi juga untuk memudahkan sejumlah urusan perusahaan seperti berikut ini: 

  • Evaluasi Kewajiban Pajak

Ketika bisnis Anda menghasilkan banyak laba, pajak yang harus dibayarkan juga akan sama tingginya. Dengan menerangkan setiap angka dan data keuangan seakurat mungkin, semua sumber daya yang telah dialokasikan bisa dievaluasi dengan teliti dan angka kewajiban pajak pun terhitung dengan tepat. 

Anda tentunya ingin terhindar dari dugaan pemalsuan data. Sudah banyak kasus, di mana perusahaan memalsukan laporan keuangan mereka hanya untuk menghindari membayar pajak. Selain alasan ini, pemerintah juga akan menggunakan laporan keuangan Anda dan bisnis-bisnis lainnya untuk menilai kinerja ekonomi nasional di berbagai sektor.

  • Membangun Kepercayaan

Laporan keuangan yang akurat mendorong kepercayaan seluruh pihak di perusahaan. Investor dapat mengevaluasi kinerja masa lalu perusahaan dan memprediksi arus kas di masa depan. Sementara, pemegang saham dapat memahami rasio pembayaran dividen dan memperkirakan dividen di masa mendatang.

Bagi kreditor dan pemberi pinjaman, laporan keuangan akan membantu mereka memutuskan, apakah mereka ingin melanjutkan pendanaan dan memutuskan tindakan yang akan datang. Sementara itu, karyawan membutuhkan informasi tentang proses bisnis untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan saat ini dan penilaian gaji di masa depan.

  • Mitigasi Kesalahan

Salah satu tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah agar Anda dapat menangkap kesalahan atau kegiatan ilegal yang mungkin terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Itulah sebabnya perusahaan-perusahaan menghabiskan banyak waktu untuk merekonsiliasi pembukuan dan memeriksa setiap entri untuk menemukan kejanggalan atau kesalahan akuntansi yang dapat mengganggu proses bisnis. 

Meskipun ada keyakinan bahwa bisnis Anda tidak akan menghadapi situasi demikian, Anda sebaiknya tetap menyiapkan laporan-laporan keuangan tersebut dengan teliti dan akurat. Hal ini dapat membantu Anda menghindari terjadinya tumpukan kesalahan akuntansi selama bertahun-tahun, yang pada akhirnya bisa saja mengakibatkan kerugian di masa mendatang. 

  • Peningkatan Siklus Pembayaran

Untuk mengoptimalkan siklus utang dan piutang bisnis, keakuratan laporan keuangan memainkan peran kunci. Pembayaran keluar akan termasuk gaji para pekerja, inventaris yang perlu dikelola, dividen yang perlu diberikan kepada pemegang saham, dan kreditor yang perlu dibayar. Jika pinjaman sudah jatuh tempo, misalnya, perusahaan perlu tahu berapa banyak bunga yang harus dibayar atau diterima. Perhitungan matematis lainnya pun hanya bisa dilakukan jika angka-angka di laporan keuangan Anda sudah benar.

  • Pengambilan Keputusan dan Perencanaan yang Lebih Baik

Menganalisis laporan keuangan sangat penting ketika keputusan harus dibuat. Seorang manajer keuangan akan melihat nilai aset yang saat ini dipegang, untuk kemudian memutuskan apakah perusahaan mampu mengalokasikan lebih banyak sumber daya atau investasi lainnya. Begitu juga sebaliknya: ketika nilai aset malah memburuk, pertanyaan akan muncul jika ada yang perlu dikurangi, direstrukturisasi, atau ditutup.

Tujuan dibuatnya laporan keuangan sangat penting untuk mendasari pengambilan keputusan dan perencanaan strategis perusahaan. Pertimbangan terhadap poin-poin yang disebutkan di atas juga berpengaruh pada gambaran keuangan aktual bisnis Anda, khususnya bagi manajemen dan para pemangku kepentingan eksternal.

admin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!