Mengenal Sistem Informasi Akuntansi beserta Metode & Tujuannya

December 16, 2020by Admin dua0
lukas-blazek-mcSDtbWXUZU-unsplash-min-1280x848.jpg

Ingin produktivitas perusahaan semakin meningkat dengan laporan keuangan yang akurat dan tepat? Karena itu, gunakan Sistem Informasi Akuntansi untuk membantu mengelolanya. Namun, sebelum itu, Anda bisa mencari tahu lebih dulu tentang pengertian sistem informasi akuntasi, contoh aplikasi, serta tujuan penggunaannya. 

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) selalu diperlukan pada setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang apa pun. Pasalnya, SIA memiliki proses yang sangat berguna untuk mempermudah kegiatan yang berkaitan dengan akuntansi sehingga dapat menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Makin tepat dan akurat informasi yang dihasilkan dalam sistem informasi akuntansi, makin efektif dan efisien pula biaya produksi yang diperlukan. Dengan begitu, produktivitas perusahaan pun akan meningkat.

Bodnar dan Hopwood mendefinisikan SIA sebagai gabungan beberapa jenis sumber daya yang dirancang guna mengubah data keuangan juga data lainnya menjadi sebuah informasi. Sedangkan Jogiyanto berpendapat SIA adalah sebuah bentuk sistem informasi yang dapat mengubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan.

Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan SIA merupakan sistem yang meliputi pencatatan, pengumpulan serta pengolahan data keuangan yang dimanifestasikan ke dalam bentuk laporan guna menghasilkan informasi keuangan yang dibutuhkan perusahaan.

Baca Juga: Memahami Akuntansi Dasar bagi Pemula dengan Mudah 

Contoh Aplikasi Sistem Akuntansi

Teknologi pada zaman ini semakin canggih. Banyak program yang diciptakan untuk membantu manusia menyelesaikan urusan atau pekerjaannya. Tidak terkecuali di bidang akuntansi. Kini, sudah banyak software akuntansi yang bisa Anda gunakan guna membantu mengolah perhitungan akuntansi.

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan tepat dan akurat, serta efektif dan efisien. Beberapa di antaranya ialah:

1. MYOB Accounting

Berkat tampilannya yang sederhana dan user friendly (mudah digunakan), MYOB (Mind Your Own Business) banyak disukai dan menjadi software yang populer di Indonesia. MYOB Accounting cocok untuk UKM atau perusahaan menengah ke bawah. Sayangnya, di versi ini Anda tidak dapat melakukan modifikasi laporan atau field, serta belum mendukung fitur multi currency dan multi gudang.

2. KRISHAND

Krishand adalah software yang dikhususkan untuk membantu Anda dalam pelaporan pajak. Software ini dapat menghemat waktu dengan membuat laporan pajak yang tepat dan akurat, karena Krishand menyediakan formulir pajak yang disesuaikan dengan peraturan pajak di Indonesia.

3. Accurate Accounting 

Software yang memiliki versi bahasa Indonesia ini juga mempunyai tampilan yang mirip dengan MYOB sehingga cukup mudah digunakan. Kelebihannya, Anda dapat memodifikasi form dan laporan sesuai kebutuhan. Accurate juga dilengkapi fitur pajak yang support dengan kebijakan pajak di Indonesia. Selain itu, software ini mendukung multi currency, gudang, user, departemen dan proyek. 

Selain ketiga software di atas, masih banyak software lain yang bisa Anda gunakan, seperti Zahir Accounting, Omega Accounting, Quick Book, Microsoft Office Accounting Express (MOAE) yang bisa Anda dapatkan secara gratis, atau iTBrain Indonesia dan Easy Accounting System (EAS) yang merupakan software karya anak bangsa.

Baca Juga: 10 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Online

Tujuan Menggunakannya

Berikut ini beberapa uraian mengenai tujuan Sistem Informasi Akuntansi:

  1. Mengubah kumpulan data menjadi informasi yang dapat digunakan ketika para pemangku jabatan tertinggi mengambil keputusan terkait manajemen perusahaan. 
  2. Memberikan kontrol yang efektif pada setiap aktivitas keuangan perusahaan.
  3. Meningkatkan kualitas tim keuangan serta menjaga efisiensi waktu maupun biaya tim dalam melaporkan.
  4. Menyajikan laporan keuangan yang tepat, akurat, dan sistematis selama periode pelaporan tertentu, contoh bulanan, triwulan, maupun tahunan.
  5. Meningkatkan sharing knowledge.

Itulah informasi singkat mengenai Sistem Informasi Akuntansi, metode yang digunakan, serta tujuannya. Semoga bermanfaat.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend