SIPP BPJS Kesehatan: Definisi, Cara Daftar dan Manfaatnya

March 11, 2022by Admin dua0
921733_720.jpg

Kecanggihan teknologi kembali membawa perubahan positif di bidang kesehatan Indonesia. Salah satunya melalui kehadiran SIPP BPJS Kesehatan untuk perusahaan.

Apakah Anda pernah dengar atau bahkan memakainya? Atau mungkin Anda baru mendengar istilah ini sekarang? Tidak perlu khawatir karena melalui ulasan ini kami akan menjelaskan definisi, manfaat, dan cara daftarnya.

 

Apa Itu SIPP BPJS Kesehatan?

SIPP (Saluran Informasi Penanganan Pengaduan) BPJS Kesehatan merupakan aplikasi untuk mengelola, mengontrol, dan mengawasi karyawan di perusahaan. Tujuannya agar proses perhitungan bisa berjalan dengan lebih efektif.

Beberapa data yang bisa Anda akses melalui aplikasi SIPP BPJS Kesehatan ini adalah:

  • Data tenaga kerja, data perusahaan, dan data gaji
  • Perhitungan iuran dengan lebih akurat

Aplikasi ini memudahkan perusahaan untuk mengurus administrasi keanggotaan BPJS Kesehatan karyawannya. Informasi yang tersedia juga valid, terintegrasi, dan dapat diandalkan.

Anda tak perlu khawatir karena informasi yang tersimpan di layanan ini aman. SIPP Online BPJS Kesehatan memiliki keamanan ekstra. Sebut saja Personal Identification Number, Logout otomatis, User ID dan password, email, hingga firewall dan SSL 128-Bit Enkripsi.

Manfaatnya Apa?

Secara umum, layanan ini bisa membantu menyediakan informasi dan menerima pengaduan. Lebih jauh, berikut adalah beberapa manfaat dari aplikasi ini:

  • Proses registrasi, mutasi, dan entri baru lebih mudah dan efisien. Data yang masuk dari pihak perusahaan juga akan disinkronkan dengan data dari BPJS. Sinkronisasi ini akan meminimalisir pemalsuan data.
  • Tersedia laporan gaji dan biaya tenaga kerja per bulan sehingga bisa membantu perusahaan mengelola pembayaran gaji.
  • Iuran lebih praktis dan mudah dilakukan karena bisa dijadwal secara otomatis. Anda juga bisa terhindar dari pungli karena membayar langsung di aplikasi.
  • Efisiensi waktu karena sistemnya berjalan satu arah. Proses pembayaran iuran berjalan lebih cepat.

Baca Juga: Apa Itu VClaim BPJS Kesehatan? Ini yang Perlu Anda Tahu

Bagaimana Cara Daftarnya?

Proses pendaftaran layanan ini cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut untuk mendaftarkan perusahaan:

  • Kunjungi situs resmi SIPP Online di laman browser perangkat Anda.
  • Untuk proses pendaftaran baru atau pertama kali, maka Anda bisa klik menu Daftar. Menu ini ada di bagian bawah, jadi pastikan Anda scroll-down.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan. Mulai dari Nomor Pendaftaran Perusahaan dan juga divisi Anda di perusahaan.
  • Klik Next dan Anda perlu mengisi data untuk login.
  • Lanjut dan klik Next. Di halaman ini, Anda perlu mengisi data KPJ.
  • Selesaikan proses pendaftaran dan Anda tinggal menunggu email yang dikirim melalui email yang telah didaftarkan.
  • Agar proses pendaftaran berhasil, Anda perlu klik tautan yang ada di email.

Kesimpulan

Banyak orang yang merasa skeptis dengan BPJS Kesehatan. Namun, kehadiran SIPP BPJS Kesehatan ini bisa membantu meningkatkan pelayanan. Tak hanya mendapatkan informasi valid, Anda juga bisa mengontrol kebutuhan perusahaan lebih mudah.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend