3 Langkah Penting Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

July 11, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-07-09-at-4.17.41-PM.jpeg

Memiliki badan usaha tentu memerlukan modal yang nggak sedikit dalam membangunnya, apalagi mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM). Anda bisa saja mendapatkan pinjaman modal usaha untuk perusahaan yang ingin dibangun. Beberapa langkah penting untuk mendapatkan modal akan dibahas dalam artikel kali ini. Dengan begitu, Anda nggak perlu bingung lagi dalam menjalankan usaha.

Apa yang dimaksud dengan modal usaha?

Sebelum membahas mengenai langkah apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengajukan pinjaman modal, Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai modal. Apa sih yang dimaksud dengan modal?

Banyak yang beranggapan bahwa modal hanya berupa uang. Nyatanya, modal tidak hanya berupa uang atau dana, namun bisa berupa benda atau aset berharga. Maka dari itu makna modal usaha sendiri merupakan dana atau aset yang dimiliki pengusaha dalam membangun bisnis atau perusahaan.

Apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha?

Membangun perusahaan dengan modal pribadi mungkin akan lebih mudah. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki dana sendiri dalam membangun bisnis. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa saja mengajukan pinjaman modal usaha. Lantas, langkah apa saja yang harus dilakukan? Berikut beberapa langkah penting yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pinjaman;

1. Menentukan jenis pinjaman sesuai kebutuhan bisnis.

Pada dasarnya, jenis pinjaman modal ada 2, yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi. Kredit modal kerja akan memudahkan Anda yang ingin mendapatkan tambahan modal. Jenis pinjaman ini bahkan bisa diajukan untuk Anda yang membutuhkan modal awal atau sama sekali tidak memiliki modal pribadi. Biasanya pihak bank atau pihak peminjam akan memberikan waktu 1 tahun.

Sedangkan untuk kredit investasi merupakan jenis pinjaman yang dikhususkan untuk Anda yang sudah memiliki modal usaha, namun ingin mengajukan pinjaman untuk pengembangan. Biasanya debitur yang mengajukan kredit investor akan diberi jangka waktu kurang lebih 5 tahun.

2. Menentukan pinjaman dengan jaminan atau tanpa jaminan.

Pinjaman dengan jaminan atau tanpa jaminan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jika Anda menginginkan pinjaman dengan bunga yang rendah, pinjaman dengan jaminan adalah pilihan yang tepat. Besar pinjaman yang diberikan juga sesuai dengan jaminan yang Anda beri. Sayangnya, pinjaman dengan jaminan membutuhkan waktu lebih lama dan lebih rumit karena pertimbangannya cukup banyak.

Sedangkan untuk pinjaman tanpa jaminan lebih mudah cair dan terbilang mudah dalam prosesnya. Akan tetapi bunga yang diberikan juga tidak sedikit dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan.

3. Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan

Setelah menentukan jenis pinjaman yang diinginkan, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting seperti KTP, KK, rekening koran selama minimal 3 bulan, NPWP atau SPT, keterangan lengkap surat usaha, serta bukti transaksi dan dokumen penting terkait investasi. Diharapkan data-data yang diberikan lengkap dan benar.

Baca Juga: Penanaman Modal Asing: Tujuan, Syarat dan Prosedurnya

 

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman modal usaha. Pastikan bahwa besar pinjaman yang diajukan sesuai dengan kemampuan perusahaan, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend