Perbedaan Formulir 1770 S, 1770 SS, 1770 - Rusdiono Consulting

March 20, 2020by admin1
FORM.jpg

Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, SPT Tahunan adalah surat pemberitahuan untuk suatu tahunan pajak atau bagian tahun pajak. Surat ini digunakan oleh Wajib Pajak untuk melaporkan penghitungan dan pembayaran pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Setiap orang wajib untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan dan menyampaikan Surat Pemberitahuan dengan benar atau lengkap berdasarkan UU No. 15 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyediakan beberapa formulir untuk Wajib Pajak Orang Pribadi menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Perlu untuk diketahui, bahwa batas waktu untuk Wajib Pajak Orang Pribadi menyampaikan SPT adalah 31 Maret. Tiga jenis formulir yang digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yaitu 1770 S, 1770 SS, dan 1700. Tiga jenis formulir tersebut digolongkan berdasarkan jumlah pekerjaan dan besaran pendapatan yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Jenis SPT Formulir Wajib Pajak Orang Pribadi

  1. Formulir SPT 1770 S

Secara mendasar perbedaan SPT 1770 S ini digunakan oleh orang pribadi yang memiliki penghasilan bruto sama dengan atau lebih dari Rp60.000.000 dari usaha atau pekerjaan bebas dari satu orang pekerja. Jika anda berada pada kondisi seperti ini maka anda wajib untuk melaporkan menggunakan SPT 1770 S.

Sebagai contoh misalkan Mr. X bekerja pada satu perusahaan dan memiliki penghasilan lebih dari Rp60.000.000, maka Mr. X menggunakan SPT 1770 S untuk melaporkannya. Ketika Mr.X bekerja pada beberapa perusahaan dan memiliki penghasilan kurang dari Rp60.000.000, maka Mr.X juga menggunakan SPT 1770 S untuk melakukan pelaporan SPT Tahunannya. Pada intinya, ketika orang pribadi mendapatkan penghasilan berasal dari lebih dari satu pemberi kerja atau lebih dari Rp60.000.000 akan mengunakan SPT 1770 S.

  1. Formulir SPT 1770 SS

Pada SPT 1770 SS kriteria yang Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan SPT ini adalah yang memiliki penghasilan bruto kurang dari Rp60.000.000 dari satu perusahaan atau penghasilan yang berasa dari satu pemberi kerja. Formulir ini digunakan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang bekerja minimal satu tahun.

  1. Formulir SPT 1700

Formulir ini berbeda dengan SPT 1770 S dan 1770 S yang memiliki syarat satu atau lebih sumber penghasilan, SPT ini dikhususkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki usaha atau pekerjaan bebas. Beberapa contoh pekerjaan bebas yaitu dokter, konsultan, notaris, pengacara, atau pekerjaan lain yang memiliki keahlian tertentu. Bukan hanya itu saja kriteria untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan SPT ini, tetapi bekerja pada lebih dari satu pemberi kerja, mempunyai penghasilan yang dikenakan PPh Final, mempunyai penghasilan dalam negeri lainnya, atau penghasilan dari luar negeri.

Dalam memilih penggunaan SPT 1700/1770S/1770SS, kalian tidak perlu untuk mengambil pusing dalam menggunakannya. Yang paling penting anda wajib untuk mengetahui apakah anda usaha sendiri atau sebagai pegawai. Ketika anda memiliki usaha sendiri, sudah tentu anda akan menggunakan SPT 1700. Namun, ketika anda adalah pegawai, maka anda perlu untuk mengetahui berapa jumlah penghasilan anda dalam satu tahun, apakah melebihi Rp60.000.000 atau tidak. Yang tidak kalah pentingnya adalah, anda juga perlu mengetahui apakah penghasilan yang anda terima tersebut, hanya dari satu pemberi kerja atau lebih dari satu pemberi kerja.

Ketika Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan/Pegawai yang ingin melaporkan SPT nya, wajib untuk minta bukti potong dari pemberi kerjanya. Dokumen lembar 1721-A1 untuk karyawan swasta dan lembar 1721-A2 untuk pegawai negeri sipil. Didalam lembaran tersebut, terdapat jumlah potongan pajak dari penghasilan selama satu tahun yang dapat digunakan sebagai panduan dalam melaporkan perpajakannya.

Jika anda membutuhkan mengenai pelaporan perpajakannya, Team Rusdiono Consulting siap untuk membantu anda!

Leander Resadhatu R., SE, BKP

admin


One comment

  • ปั้มไลค์

    July 28, 2020 at 3:22 pm

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!