Peran Konsultan Pajak Bagi Pelaku UMKM di Indonesia

December 30, 2020by Admin dua0
WhatsApp-Image-2020-12-28-at-5.29.25-PM.jpeg

UMKM mempunyai peranan penting bagi perekonomian Indonesia. UMKM terbukti bertahan saat krisis 1998, bahkan berperan cukup besar bagi ekonomi nasional. Begitu juga saat ini,  UMKM berkontribusi pada perekonomian negara hingga 60 persen di tengah pandemi COVID-19. Namun, sebagian besar usaha mikro dan kecil tersebut dikelola secara mandiri, banyak diantaranya hanya lulusan SD, belum memanfaatkan teknologi digital, maupun mengelola perpajakan. Untuk itulah, peran konsultan pajak menjadi penting. Mulai dari pelaksanaan kewajiban pajak, pengelolaan administratif pajak, lebih berfokusnya pada pengembangan usaha, hingga merencanakan pajak secara baik dan benar.

Memangnya, apa saja hal yang dilakukan konsultan pajak untuk UMKM?

 

Memahami Peran Penting Konsultan Pajak bagi Bisnis UMKM 

Pertama-tama, konsultan pajak adalah perantara antara UMKM dengan otoritas pajak. Konsultan menyiapkan laporan pajak, mengurus kepatuhan pajak, melakukan perencanaan pajak, memeriksa perpajakan bisnis, mendampingi saat ada pemeriksaaan pajak, konsultasi, mengurus restitusi pajak, hingga bantu menyelesaikan sengketa pajak.

Peran konsultan pajak sangat penting dan dapat mewakilkan UMKM saat ada urusan terkait perpajakan bisnis mereka. Bagaimanapun, UMKM tetap harus patuh jika berhubungan dengan urusan pajak. Mengingat aturan perpajakan cukup rumit dan tidak mudah, bahkan berakibat sanksi administrasti ataupun pidana. 

Konsultan pajak pun menghemat waktu bagi pemilik bisnis UMKM. Laporan SPT tahunan, pembuatan estimasi pembayaran pajak, sampai bisa saja ada koreksi fiskal yang perlu dilakukan bisnis sudah terurusi dengan baik. Secara tidak langsung, bimbingan pajak bagi bisnis pun mengurangi beban administratif, bisnis lebih tahu tentang pajak usaha, termasuk apa manfaat ketika bisnis mulai membayar pajak. 

Walau banyak bisnis yang mulai membayar pajak secara mandiri tanpa bantuan konsultan. Hal yang perlu dipikirkan kembali adalah, apakah prosedur perpajakan bisnis sudah lengkap dan benar? Apakah ada aturan terbaru mengenai perpajakan yang justru lebih meringankan pajak bisnis? Ketika ada insentif pajak, kenapa sulit sekali mengurusnya?

Belum lagi ketika bisnis UMKM membuka cabang yang membuat otoritas pajak melirik potensi pajak, pengetahuan perpajakan yang minim pun membuat bisnis kelabakan dan kebingungan. Fatalnya, UMKM perlu membayar pajak tahun-tahun sebelumnya, yakni maksimal 5 tahun ke belakang sejak UMKM melakukan aktivitas usaha. 

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Konsultan Pajak, Gunakan Sekarang!

Urus Perpajakan dengan Mudah Bersama Konsultan Pajak Terpercaya di Indonesia

Sudah seharusnya bagi para pemilik UMKM mulai mengurus perpajakan dengan dukungan dari konsultan pajak terpercaya. Baik yang baru merintis, ataupun yang sudah mengembangkan bisnis. 

Kapan lebih tepatnya perlu mengandalkan konsultan pajak? Ketika usaha Anda berada di wilayah atau zona khusus perpajakan seperti Kawasan Berikat, Kawan Bebas Pajak, dan lainnya. 

Kemudian ketika usaha Anda berkaitan erat dengan institusi milik negara seperti BUMN, karena tata cara perpajakan berbeda dengan jenis usaha lainnya. Selain itu, melakukan aktivitas impor atau ekspor pada bisnis pun memerlukan pajak yang diurus secara khusus. 

Apalagi jika bisnis UMKM Anda bergerak di bidang yang diatur oleh otoritas pajak, pengusaha kena pajak (PKP), dan akan berbentuk PT atau CV.

Dalam hal ini, Rusdiono Consulting menyediakan layanan jasa konsultasi pajak yang sudah dipercaya bisnis UMKM di Indonesia, yang memastikan bisnis UMKM akan  melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan aturan pajak terbaru di Indonesia. 

Hal umum yang biasa dilakukan diantaranya:

  • Agar masalah pajak untuk efisiensi dan efektivitas lebih baik.
  • Perencanaan pajak: Untuk meminimalkan kewajiban pajak dan mendapat keuntungan sesuai UU perpajakan.
  • Tinjauan kepatuhan pajak: Agar menghindar dari bayaran pajak tidak akurat serta dapat lolos dari pelaporan pajak.
  • Administrasi pajak: Agar mendapat laporan SPT bulanan dan tahunan.
  • Penyelesaian sengketa pajak: Untuk mendapat strategi efektif dalam penyelesain sengketa pajak berdasar fakta serta dokumen bisnis. 

Segera hubungi Rusdiono Consulting di sini, dan dapatkan manfaat membayar pajak bagi bisnis UMKM, termasuk manfaat dari mengandalkan konsultan pajak. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ingat, orang bijak taat pajak!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend