Pengertian Siklus Akuntansi dan Fungsinya Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan - Rusdiono Consulting

March 19, 2020by admin2
2-1-1280x853.jpg

Proses penyusunan laporan keuangan perusahaan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada kaidah-kaidah yang wajib diikuti biar perusahaan dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Salah satu aturan dalam proses penyusunan laporan tersebut adalah tahapan siklus akuntansi perusahaan. Setiap tahapan dalam siklus akuntansi umumnya sama, baik pada proses pembukuan keuangan secara manual ataupun otomatis.

Perusahaan harus menyusun laporan keuangan sesuai dengan urutan tahapan siklus akuntansi. Penerapan alur akuntansi tidak hanya perlu dilakukan perusahaan besar, tetapi juga perusahaan kecil yang ingin mengetahui kondisi keuangan secara akurat. Ketika Anda mengikuti kaidah penyusunan laporan keuangan berdasarkan siklus akuntansi, ada 5 manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

  1. Memperoleh informasi yang berguna dalam merencanakan bisnis di masa depan

Proses penyusunan laporan berdasarkan alur akuntansi, bisa membuat Anda mengetahui gambaran kondisi keuangan perusahaan secara detail dan akurat. Selanjutnya, informasi akuntansi ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi perusahaan di masa mendatang.

  1. Mengetahui posisi keuangan perusahaan secara akurat

Pembuatan laporan sesuai alur siklus akuntansi berdampak positif karena membuat pengusaha bisa mengetahui kondisi finansial usaha secara akurat. Di sini, Anda dapat mengetahui setiap jenis transaksi, baik berkaitan dengan penjualan ataupun pembelian pada bisnis yang tengah digeluti.

  1. Memberi gambaran neraca

Penerapan alur akuntansi juga membuat Anda bisa memperoleh gambaran tentang jumlah penghasilan, utang piutang, laba rugi, serta modal perusahaan.

  1. Memudahkan perhitungan pajak

Menyusun laporan keuangan sesuai tahapan akuntansi juga memberi kemudahan bagi pengusaha dalam melakukan perhitungan pajak. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengetahui jumlah pajak yang perlu disetorkan kepada negara.

  1. Mengetahui ada tidaknya perkembangan bisnis perusahaan

Pemanfaatan siklus akuntansi dalam penyusunan laporan juga memberi informasi lebih jelas tentang kondisi usaha. Anda dapat menilai apakah perusahaan tengah mengalami penurunan atau peningkatan performa? Semua penilaian tersebut dapat dilakukan secara akurat dengan melihat data keuangan perusahaan.

Dengan adanya 5 manfaat tersebut, Anda sudah bisa mengetahui keuntungan dari penerapan siklus akuntansi pada proses pembuatan laporan keuangan perusahaan, kan? Semoga bermanfaat, ya.

admin


2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!