Pengertian Laporan Keuangan Yang Perlu Anda Ketahui - Rusdiono Consulting

January 19, 2020by admin2
5-1280x853.jpg

Description: Setiap bisnis pasti akan berkutat rekapitulasi finansial setiap tahun. Itu sebabnya para pelaku usaha wajib memahami pengertian laporan keuangan.

Laporan keuangan yang teliti dan akurat merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap pebisnis. Tetapi, sudah tahukah Anda pengertian laporan keuangan secara garis besar, beserta komponen-komponen yang melekat di dalamnya?

Definisi Laporan Keuangan

Secara definisi, laporan keuangan adalah dokumen yang disiapkan oleh manajemen sebuah perusahaan untuk memberikan gambaran kinerja dan posisi keuangan pada suatu periode tertentu. Sebuah laporan keuangan biasanya disiapkan tidak hanya untuk kebutuhan internal, tetapi juga untuk pengguna di luar perusahaan, seperti investor, pemegang saham, dan kreditor.

Informasi penting dalam Laporan Keuangan

Sebagai sumber informasi keuangan utama, khususnya para pembuat keputusan perusahaan, departemen akuntansi akan menempatkan penekanan tinggi pada relevansi dan keakuratan setiap catatan finansial. Setidaknya ada empat informasi keuangan yang akan dibuat oleh departemen akuntansi atau keuangan sebuah perusahaan, yaitu:

  • Laporan laba rugi

Laporan ini mengungkapkan kinerja keuangan suatu organisasi, dimulai dengan pengurangan semua biaya yang dikeluarkan dari penjualan selama periode tertentu untuk mendapatkan laba atau rugi bersih. Ini biasanya dianggap sebagai laporan keuangan yang paling penting karena hasilnya mampu menggambarkan kinerja perusahaan.

  • Neraca

Laporan ini menunjukkan posisi keuangan suatu bisnis pada tanggal laporan hingga waktu tertentu. Informasi tersebut dikumpulkan dan diklasifikasikan menjadi beberapa bagian besar, yaitu aset, kewajiban, dan modal. Data tersebut merupakan dokumen kunci dan termasuk dalam sebagian besar penerbitan laporan keuangan.

  • Laporan arus kas

Laporan ini mengungkapkan arus kas masuk dan keluar yang dialami oleh perusahaan selama periode pelaporan. Adapun, arus kas ini dipecah menjadi tiga klasifikasi, yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan. Berbeda dari kedua jenis sebelumnya, dokumen yang satu ini bisa lebih sulit untuk disiapkan. Selain itu, laporan ini juga lebih umum dikeluarkan hanya untuk pihak luar.

  • Pernyataan perubahan ekuitas

Laporan ini mendokumentasikan semua perubahan dalam ekuitas selama periode pelaporan. Perubahan ini termasuk penerbitan atau pembelian saham, dividen yang dihasilkan, dan laba atau rugi. Karena informasi di dalamnya tidak terlalu bermanfaat bagi tim manajemen perusahaan, dokumen ini biasanya tidak termasuk ketika laporan keuangan dikeluarkan secara internal.

Secara struktural, setiap laporan keuangan memiliki tajuk berisi nama perusahaan atau entitas, nama laporan, dan tanggal atau waktu yang dicakup oleh laporan. Informasi yang disediakan di dalamnya bersifat finansial dan dinyatakan dalam satuan uang, sehingga pencerminan efek keuangan terlampir dari setiap transaksi dan peristiwa yang telah terjadi (historis).

Kesimpulannya, secara garis besar pengertian laporan keuangan adalah catatan tertulis tentang situasi keuangan suatu bisnis. Termasuk di antaranya laporan standar, seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Angka-angka yang disajikan melalui setiap laporan ini berperan besar dalam perencanaan strategi, pembentukan keputusan, hingga perkiraan kemungkinan kegagalan.

admin


2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!