Mengenal Rasio Keuangan : Definisi, Jenis, dan Standarnya

September 5, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-09-03-at-2.23.03-PM.jpeg

Pentingnya rasio keuangan ada pada perannya sebagai penentu kebijakan. Setiap perusahaan memerlukan analisis rasio keuangan untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya agar terhindar dari kerugian dan tetap bertahan. Buat kamu yang memiliki sebuah perusahaan atau sedang membangun bisnis, kamu perlu tahu mengenai hal ini lebih detail.

 

Definisi Rasio Keuangan

Rasio keuangan merupakan sebuah indikator penilaian sebuah perusahaan mengalami perkembangan atau tidak, melalui metode analisa yang diambil dari laporan keuangan dalam masa tertentu. Biasanya, manajemen perusahaan memanfaatkan rasio ini untuk menentukan sebuah kebijakan tertentu agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Macam-macam Rasio Keuangan 

Ternyata macam-macam rasio keuangan bisa kita ketahui dari jenis penggunaannya. Berikut penjelasan singkatnya;

1. Rasio Laba (Profitability Ratio)

Dengan rasio ini, kamu dapat mengetahui jumlah laba dalam periode tertentu sehingga tahu apa yang harus dipertahankan agar perusahaan tetap stabil.

2. Rasio Hutang (Solvency Ratio)

Dari sini kita bisa mengetahui secara jangka pendek maupun jangka panjang, seberapa besar kemampuan sebuah perusahaan dalam melunasi hutang yang dimiliki. Adanya rasio hutang akan membantu pertimbangan para investor dalam penanaman modal. Semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam melunasi hutang, maka semakin tinggi kepercayaan investor dalam menanamkan modal.

3. Rasio Hutang Jangka Pendek (Liquidity Ratio)

Salah satu ciri suatu perusahaan kurang sehat ialah banyaknya hutang. Padahal, setiap perusahaan memiliki kapasitas dalam melunasi hutang jangka pendek.

4. Rasio Aktivitas (Activity Ratio)

Rasio aktivitas ini dimaksudkan untuk mengetahui efektif tidaknya aktiva sebuah perusahaan agar mendapatkan laba.

Baca Juga: Kinerja Keuangan Perusahaan: Cara Analisis, Indikator, & Faktor

Standar Rasio Keuangan Perusahaan yang Sehat

Setelah kita mengetahui sedikit mengenai apa itu rasio keuangan dana pa saja macamnya, lantas bagaimana kita mengetahui standar rasio keuangan perusahaan yang sehat atau kurang sehat? 

Nah, seperti penjelasan singkat di atas mengenai rasio hutang jangka pendek, bahwa salah satu ciri rasio keuangan yang kurang sehat ialah banyaknya hutang. Kamu bisa menggunakan perbandingan antara aktiva lancar dengan hutang lancar. Dikatakan perusahaan sehat apabila nilai aktiva lancar jauh lebih besar dibandingkan hutang lancar.

Selain itu, perusahaan yang sehat juga terlihat dari seberapa tinggi tingkat produktivitas dan profitabilitasnya. Hal itu akan menunjukkan sinergi keuangan sebuah perusahaan memiliki keefektifan, efisien, rendable, dan lain sebagainya seimbang. Itulah mengapa pengukuran dan evaluasi terhadap rasio keuangan sangat penting untuk mengendalikan dan memantau apakah perusahaan termasuk sehat atau tidak.

Itulah beberapa pembahasan mengenai rasio keuangan yang mungkin akan membantu kamu yang baru mendirikan sebuah perusahaan atau bisnis. Tentu pembahasan di atas baru sebagian kecil saja. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend