Mengenal Program BPJS PBI dan Cara Mengurusnya

February 25, 2022by Admin dua0
2094010926.jpeg

Peserta BPJS Kesehatan di Indonesia saat ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu peserta BPJS PBI dan Non PBI. Peserta BPJS PBI adalah peserta BPJS yang mendapatkan bantuan iuran dari pemerintah.

Sementara itu, peserta BPJS Non PBI adalah peserta BPJS Kesehatan yang membayar iuran secara mandiri. PBI sendiri merupakan kependekan dari Penerima Bantuan Iuran.

Perbedaan BPJS PBI dan Non PBI

Lebih lanjut, uraian di atas memberi penjelasan tentang perbedaan BPJS PBI dan Non PBI. Penerima BPJS PBI Jaminan Kesehatan merupakan kelompok masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah atau orang-orang tidak mampu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sehingga mereka tidak perlu membayar iuran setiap bulan, tetapi tetap tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif. Sedangkan peserta BPJS Non PBI Jaminan Kesehatan bisa juga disebut sebagai peserta BPJS reguler. Mereka adalah orang-orang yang masih mampu untuk membayar iuran BPJS setiap bulan.

Cara Cek BPJS PBI Online

Peserta BPJS PBI adalah peserta yang terdaftar aktif sebagai penerima bantuan iuran. Status keanggotaan mereka dapat dicek secara online. Salah satunya melalui aplikasi Mobile JKN. Ketika Anda sudah login ke aplikasi tersebut, Anda akan langsung tahu status kepesertaan Anda aktif atau tidak aktif.

Di samping itu, Anda juga bisa mengecek status keanggotaan lewat situs resmi BPJS Kesehatan pada laman daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking menggunakan nomor BPJS serta tanggal lahir.

Syarat BPJS PBI adalah Sebagai Berikut

Untuk mendaftar sebagai peserta BPJS PBI Jaminan kesehatan, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan. Antara lain: KTP, KK, Surat Keterangan Tidak Mampu dari pejabat berwenang, foto tempat tinggal dan anggota keluarga yang belum punya BPJS, serta surat pengantar pendaftaran PBI.

Fasilitas BPJS PBI

Fasilitas yang bisa didapat oleh peserta BPJS PBI memang tidak sebaik fasilitas untuk peserta BPJS Non PBI. Peserta BPJS PBI hanya bisa memilih Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat satu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama.

Sementara peserta BPJS Non PBI dapat memilih Faskes sesuai keinginan, selama Faskes yang dipilih telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, peserta BPJS PBI juga hanya bisa mendapat layanan kelas tiga dalam pelayanan kesehatan. Sedangkan peserta BPJS Non BPI bisa memilih kelas satu, dua, atau tiga, sesuai kemampuan membayar iuran.

Namun mulai tahun 2022, kabarnya pemerintah akan menerapkan BPJS Kelas Standar. Hal ini berarti tak akan ada lagi pembedaan kelas satu, dua, maupun tiga dalam pelayanan kesehatan dengan BPJS.

Baca Juga: Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan Program JHT, JKK, JKM & JP

Cara Daftar BPJS PBI Online

BPJS PBI merupakan bagian dari program bantuan pemerintah di bidang pelayanan kesehatan. Sehingga perlu berbagai verifikasi untuk menentukan peserta yang berhak mendapat bantuan tersebut.

Hal ini membuat pendaftaran BPJS PBI tidak bisa dilakukan secara online. Peserta harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan sesuai domisili secara langsung demi dapat mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan.

Meski begitu, mendaftar BPJS PBI adalah hal yang mudah apabila Anda memenuhi persyaratan. Namun jika tidak, Anda masih bisa mendaftar sebagai peserta BPJS Non PBI.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend