Memahami Pengertian Laporan Keuangan Bank dan Jenis-Jenisnya - Rusdiono Consulting

November 12, 2019by admin1
Memahami-Pengertian-Laporan-Keuangan-Bank-1280x854.jpg

Pada dasarnya, pengertian laporan keuangan bank tidak jauh berbeda dengan laporan yang disusun untuk perusahaan biasa. Baca selengkapnya di sini.

Laporan keuangan yang dilaporkan bank memang sedikit berbeda dari kebanyakan perusahaan yang dianalisis oleh investor. Misalnya, tidak ada piutang atau inventaris untuk mengukur naik-turunnya penjualan. Selain itu, ada beberapa karakteristik unik dari laporan keuangan bank yang mencakup bagaimana laporan laba rugi dan neraca disusun.

Anda bisa mendapatkan pengertian laporan keuangan bank yang relatif mudah. Dimulai dari pemahaman tentang bagaimana bank memperoleh pendapatannya dan apa yang mendorong pendapatan tersebut.

Sumber Pendapatan Bank

Bank menerima simpanan dari nasabah dan membayarkan bunga ke beberapa rekening mereka. Sebagai gantinya, bank akan menginvestasikan dana tersebut dalam sekuritas jangka pendek atau meminjamkannya kepada perusahaan dan konsumen. Karena bank menerima bunga atas pinjaman ini, keuntungan kemudian didapatkan dari selisih antara dana yang mereka bayar untuk simpanan dan bunga yang mereka terima dari peminjam.

Bank juga mendapatkan pemasukan dari biaya yang mereka bebankan untuk produk dan layanan. Hal-hal tersebut bisa mencakup biaya pemeriksaan akun, biaya cerukan, biaya ATM, bunga, hingga biaya kartu kredit.

Bisnis utama bank adalah mengelola simpanan nasabah dan keuntungan yang diterima dari pinjaman nasabah. Dengan kata lain, ketika keuntungan bunga pinjaman lebih besar dari bunga yang dibayarkannya atas simpanan nasabah, maka bank akan memperoleh pendapatan.

Jenis Laporan Perbankan

Seperti perusahaan lain pada umumnya, bank juga dihadapkan pada kewajiban untuk melaporkan situasi keuangan mereka. Pengertian laporan keuangan bank sendiri, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laporan keuangan perusahaan komersial lainnya. Bank akan merilis laporan keuangan mereka pada setiap jangka waktu tertentu, yakni:

1. Laporan Keuangan Bulanan Bank

Sesuai namanya, laporan yang satu ini disiapkan setiap akhir bulan selama satu tahun. Secara individu, laporan keuangan bulanan bank adalah gugusan antara kantor pusat bank dengan seluruh cabang atau perwakilan bank yang ada.

2. Laporan Keuangan Triwulanan

Laporan ini dilakukan per 3 bulan, dan wajib disediakan di akhir bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Laporan keuangan triwulanan harus disajikan sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan dan biasanya dipublikasikan untuk menginformasikan hasil usaha, kinerja, dan posisi keuangan bank tersebut. Cakupan pembuatan laporan didasarkan pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia, dan peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

3. Laporan Keuangan Tahunan

Laporan ini dirilis setiap tahun untuk menginformasikan kondisi keuangan bank secara menyeluruh. Dengan demikian, nasabah dan publik akan mendapatkan gambaran mengenai kinerja dan performa bank (positif atau negatif) di tahun tersebut. Laporan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan transparansi dan memelihara keyakinan masyarakat kepada lembaga perbankan.

Laporan ini tidak akan hanya disampaikan kepada Bank Indonesia dan pemegang saham, tetapi juga lembaga lain yang terlibat dalam perkembangan usaha bank. Organisasi-organisasi tersebut biasanya adalah Institut Bankir Indonesia, Asosiasi Perbankan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), beserta organisasi penelitian dan pemeringkat di bidang keuangan dan ekonomi.

Dari uraian di atas, Anda sudah mendapatkan gambaran tetang pengertian laporan keuangan bank, termasuk di antaranya informasi mengenai sumber pendapatan yang diperoleh bank dan jenis-jenis laporan yang mereka keluarkan.

admin


One comment

  • образец справки кэк

    January 22, 2020 at 8:03 am

    Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!| а

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!