Manfaat Menggunakan Kantor Jasa Akuntansi - Rusdiono Consulting

April 30, 2020by admin0
3457-1280x854.jpg

Manfaat kantor jasa akuntansi tentu saja yang terpenting adalah menyelesaikan masalah akuntansi yang dihadapi suatu bisnis atau usaha. Tak hanya itu, lembaga usaha yang tidak memiliki masalah pun tetap membutuhkan jasa akuntansi untuk membuat laporan keuangan dan pajaknya. Mengingat, kedua laporan tersebut merupakan hal penting bagi legalitas suatu lembaga usaha.

Sebelum mengetahui manfaat dan keuntungan menggunakan Kantor Jasa Akuntansi, mari kita simak dulu apa sebenarnya Kantor Jasa Akuntansi itu? Dan apa saja tugas yang mereka lakukan?

Kantor Jasa Akuntansi

Kantor Jasa Akuntansi (KJA) adalah badan usaha yang memberikan jasa akuntansi meliputi jasa pembukuan, jasa kompilasi laporan keuangan, jasa manajemen, akuntansi manajemen, konsultasi manajemen, hingga jasa perpajakan.

Sebuah KJA harus mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan diwajibkan untuk menjadi anggota dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sebelum memberikan atau menyediakan Jasa Akuntansi dan Pajak kepada masyarakat.

Dari banyaknya tugas dan manfaat bagi suatu perusahaan, perlu diingat bahwa Kantor Jasa Akuntansi tidak diperbolehkan untuk memberikan jasa audit. Hal ini telah ditegaskan dalam Pasal 3 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.  

Syarat Berdirinya Kantor Jasa Akuntansi

Selayaknya keberadaan kantor jasa resmi lainnya, sebuah kantor jasa akuntansi juga perlu memenuhi beberapa syarat atau aspek yang harus dimiliki agar KJA-nya diakui secara sah oleh otoritas akuntansi yang berwenang. Berikut ini adalah beberapa aspek yang harus dimiliki oleh KJA yang akan mendatangkan keuntungan bagi Anda pengguna jasanya:

  • Aspek Legalitas: KJA telah memiliki payung hukum resmi yang diakui oleh pemerintah dan Asosiasi Profesi Akuntan atau Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Dengan adanya payung hukum ini, kepercayaan publik terhadap KJA dan perusahaan yang menggunakan KJA tersebut akan meningkat.
  • Aspek Standar dan Mutu: KJA telah memiliki sistem pengendalian mutu yang ditetapkan oleh Asosiasi Profesi Akuntan sebagai alat kontrol dalam menjaga kualitas mutu jasa akuntansi. Sehingga, kualitas KJA terjamin, begitu pula dengan laporan keuangan atau perpajakan yang dihasilkan.
  • Aspek Profesionalisme: KJA harus dipimpin dan dikelola oleh akuntan beregister negara yang terjaga kompetensi dan profesionalitas kerjanya. Aspek ini akan semakin menjamin akuntabilitas perusahaan yang menggunakan KJA tersebut.
  • Aspek Integritas: KJA memegang teguh kode etik dan standar profesi yang ditetapkan oleh Asosiasi Profesi Akuntan dalam memberikan pelayanan jasa kepada klien/pengguna jasa. Kode etik tersebut akan membuat data perusahaan pengguna KJA menjadi terjamin keamanannya.
  • Aspek Pengawasan dan Pembinaan: KJA dibina dan diawasi oleh Pusat Pembinaan Profesi Akuntan Departemen Keuangan RI dan Asosiasi Profesi Akuntan yakni IAI dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kepatuhan Akuntan.

Manfaat Kantor Jasa Akuntansi Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan sebenarnya butuh Kantor Jasa Akuntansi untuk menangani urusan keuangan dan perpajakan lembaga usahanya. Kemudian, apa saja keuntungan dan manfaat yang perusahaan dapat bila menggunakan Kantor Jasa Akuntansi? Berikut ini penjelasannya:

  1. Pengusaha akan mendapat kemudahan dalam menyusun dan membuat laporan keuangan karena tugas tersebut telah ditangani oleh Akuntan profesional, berpengalaman, dan akuntabel dari Kantor Jasa Akuntansi.   
  2. Kredibilitas laporan keuangan akan meningkat karena sudah dibuat sesuai dengan standar yang berlaku, Standar Akuntansi Keuangan (SAK) UMUM, SAK ETAP, SAK EMKM.
  3. Tercipta persepsi yang bagus bagi perusahaan karena laporan keuangan ditangani oleh Akuntan yang profesional dan beregister negara, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan dapat dipercaya. Laporan tersebut bahkan bisa dimanfaatkan oleh pengusaha sebagai salah satu syarat pengajuan pendanaan usaha kepada kreditur.
    Manfaat satu ini sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang butuh tambahan modal kerja untuk mengembangkan usahanya. [Read More: Tarif Pajak UMKM yang Perlu Anda Ketahui!]
  4. Anda sebagai pengusaha akan lebih leluasa menjalankan bisnis karena laporan keuangan perusahaan dibuat dengan rapi dan akuntabel. Lengkap dengan analisa keuangan yang informatif sehingga sangat membantu perusahaan dalam menentukan langkah strategisnya yang berkaitan dengan biaya pengeluaran maupun target pemasukan.
  5. Perusahaan dapat melakukan ekspansi dan bekerja sama dengan investor karena laporan keuangan yang dimiliki sudah memenuhi standar berlaku sehingga bisa diakui (acceptable) oleh lembaga usaha maupun lembaga keuangan manapun.
  6. Kerahasiaan data perusahaan akan terjamin karena Kantor Jasa Akuntansi (KJA) terikat pada Kode Etik Profesi.

Siapa saja yang bisa menggunakan Kantor Jasa Akuntansi?

Pada dasarnya Kantor Jasa Akuntansi dapat dimanfaatkan oleh siapa pun yang membutuhkan jasa akuntansi untuk mengolah laporan keuangan suatu badan usaha.

Pengguna KJA bisa berupa orang pribadi atau pengusaha perseorangan, lembaga usaha berbentuk koperasi, yayasan, maupun lembaga berbadan hukum. Misalnya seperti lembaga usaha yang berbentuk persekutuan modal yakni PT seperti disebutkan dalam UU No 40 tahun 2008, persekutuan perdata CV, Firma, serta badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pemerintah seperti BUMN dan BUMD.

Mulai Gunakan Kantor Jasa Akuntansi

Itulah tadi beragam manfaat yang bisa Anda dapat dengan menggunakan Kantor Jasa Akuntansi. Setelah mengetahui keuntungan dan manfaat Kantor Jasa Akuntansi tentunya Anda perlu mempertimbangkan untuk turut mengandalkan lembaga jasa di sektor keuangan dan perpajakan tersebut. Mengingat, semua bidang usaha tanpa terkecuali, membutuhkan jasa akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan maupun laporan perpajakannya.

Untuk diketahui, Kantor Jasa Akuntansi dapat memberikan pelayanan kepada seluruh skala usaha, mulai dari usaha kecil, menengah, hingga besar (corporate).

Bagi UMKM, Kantor Jasa Akuntansi bahkan bisa membantu meningkatkan skala usaha, lantaran laporan keuangan yang akuntabel dapat digunakan untuk mengajukan peminjaman dana ke bank. Dengan kata lain manfaat kantor jasa akuntansi juga bisa membuat UMKM menjadi bankable.

Bagi Anda yang ingin menggunakan kantor jasa akuntansi, Anda dapat mempercayakan laporan keuangan badan usaha Anda kepada Rusdiono Consulting

Rusdiono Consulting akan menyederhanakan perhitungan dan laporan finansial perusahaan Anda, sehingga Anda memiliki kontrol yang efektif terhadap keuangan perusahaan Anda. 

Layanan jasa akuntansi yang tersedia meliputi pengolahan laporan keuangan seperti neraca keuangan, laporan laba rugi, perubahan ekuitas, hingga arus kas perusahaan Anda. 

Seluruh kegiatan akuntansi tersebut, dipastikan memenuhi standar pelaporan keuangan yakni Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (PSAK). Sehingga perusahaan Anda dapat memenuhi kewajiban pelaporan keuangan, baik itu untuk keperluan pemenuhan kepatuhan pajak maupun tanggung jawab terhadap investor. 

Rusdiono Consulting sebagai Kantor Jasa Akuntansi Rusdiono sudah mengantongi Accounting Services Firm License Number: 19/KM.1PPP/2019. 

Lisensi tersebut membuktikan bahwa Rusdiono Consulting telah mengantongi izin dari Kementerian Keuangan RI sekaligus IAI sebagai Asosiasi Profesi Akuntan di Indonesia. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa Rusdiono Consulting turut mematuhi aturan IAI dan berada dalam pengawasan IAI dalam setiap kegiatan pemberian jasa akuntansinya kepada klien. 

Tunggu apa lagi, hubungi Rusdiono Consulting untuk informasi lebih lanjut! 

admin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!