Laporan Penjualan : Contoh dan Manfaatnya bagi Pengusaha

May 27, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-05-22-at-12.12.35-PM.jpeg

Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu memerhatikan laporan penjualan. Pasalnya, banyak manfaat yang diperoleh pengusaha dalam membuat catatan penjualan. Dengan adanya laporan tersebut, kondisi bisnis Anda akan diketahui sehingga dengan mudah membuat strategi membangun perusahaan di waktu mendatang.

Artikel kali ini akan membahas secara singkat mengenai laporan tersebut. Anda akan mengenal sedikit tentang laporan atau catatan penjualan beserata contoh dan manfaatnya. Yuk, kita simak!

Mengenal Laporan Penjualan dalam Dunia Bisnis

Mungkin Anda sudah mengetahui mengenai laporan keuangan. Laporan tersebut berkaitan erat dengan catatan penjualan. Jika laporan keuangan memberikan informasi mengenai kondisi finansial perusahaan, laporan atau catatan penjualan merupakan salah satu bagian paling penting dalam laporan keuangan itu sendiri. Anda akan menemukan berbagai informasi terkait dengan produk yang terjual, jumlah, harga, periode dalam penjualan, dan analisis mengenai penjualan produk.

Contoh Laporan Penjualan

Sebagai gambaran, berikut merupakan contoh laporan keuangan yang sederhana;

Contoh Laporan Penjualan

Manfaat Laporan Penjualan Bagi Pengusaha

Perlu diketahui bahwa catatan penjualan memiliki sifat komprehensif. Anda bisa mengetahui nilai kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Nggak heran, kalau laporan tersebut merupakan hal paling penting dalam dunia bisnis, karena Anda bisa tahu sukses tidaknya bisnis yang sudah dibangun. Lantas, apa saja manfaat dari laporan penjualan? Berikut beberapa manfaat yang perlu diketahui;

1. Sebagai Alat Pertanggungjawaban

Ketika menjalankan sebuah bisnis, interaksi antara produsen, konsumen, distributor, bahkan investor tidak bisa diabaikan. Dengan memiliki catatan penjualan, Anda bisa mempertanggungjawabkan mengenai produk yang dijual, sehingga kepercayaan terhadap perusahaan Anda juga terbangun.

2. Alat Ukur Penyusunan Anggaran

Catatan penjualan secara detail akan memudahkan Anda dalam menyusun anggaran pada periode selanjutnya, entah mengenai budget dalam menyiapkan produk, pengembangan bisnis, dan keperluan lainnya.

3. Memudahkan Menyusun Strategi Bisnis dan Proyeksi Pendapatan

Dengan adanya informasi penjualan produk pada periode sebelumnya, Anda bisa membangun strategi dan memproyeksikan pendapatan perusahaan untuk periode mendatang. Anda bisa mengetahui produk apa saja yang laris terjual dan produk apa saja yang hanya terjual di waktu-waktu tertentu.

4. Memudahkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Laporan penjualan merupakan bagian dari laporan keuangan. Dengan adanya catatan penjualan mengenai jumlah produk yang terjual, Anda bisa mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran perusahaan sehingga memudahkan dalam menyusun laporan keuangan.

5. Sebagai Alat Meningkatkan Kualitas Kontrol Produk dan Bahan Evaluasi

Dengan mengetahui produk apa saja yang sudah tejual dan apa saja yang masih banyak tersimpan di toko atau gudang, Anda bisa tahu kualitas produk yang terjual dan mengetahui kelayakan produk yang masih tersimpan. Dengan begitu, Anda juga mudah melakukan evaluasi terhadap bisnis yang sedang dibangun.

Baca Juga: Analisis Laporan Keuangan Beserta Metode Analisisnya

 

Nah, Anda sudah mengetahui secara singkat mengenai laporan keuangan, contoh, beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend