Kenali Laporan Arus Kas : Metode, Komponen, dan Manfaatnya

July 13, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-07-09-at-4.33.35-PM.jpeg

Sebagai pengusaha, laporan keuangan menjadi salah satu hal terpenting yang harus dimiliki agar mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Berbagai jenis laporan seperti laporan laba rugi, arus kas, neraca, dan beberapa laporan lainnya akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Nah, untuk artikel kali ini akan membahas sedikit mengenai laporan arus kas.

Apa Itu Laporan Arus Kas?

Laporan arus kas, atau sering dikenal dengan sebutan cash flow, merupakan catatan keuangan yang memberikan informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran perusahaan dalam satu periode. Anda dapat melakukan evaluasi secara berkala mengenai struktur keuangan secara likuiditas dan solvabilitas.

Metode dalam Pembuatan Laporan Arus Kas

Dalam pembuatan laporan cash flow, Anda bisa menjadikan laporan neraca dan laba rugi sebagai acuan. Sedangkan untuk metode pembuatannya terdapat 2 cara, yaitu direct method (metode langsung) dan indirect method (metode tidak langsung).

1. Direct Method

Laporan arus kas metode langsung merupakan metode pengelompokan kegiatan operasional dalam beberapa kategori. Penyusunannya pun berdasarkan buku kas atau buku bank. Jika menggunakan metode ini, Anda perlu memberikan laporan mengenai kelompok kategori penerimaan dan pengeluaran kas dalam setiap kegiatan perusahaan.

2. Indirect Method

Berbeda dengan metode langsung, laporan arus kas metode tidak langsung lebih terpusat pada laporan neraca maupun laba rugi yang sudah ada. Penyusunan laporan dengan metode ini akan mengandalkan laba bersih yang ada pada laporan laba rugi, sehingga Anda akan tahu arus kas kegiatan operasional perusahaan.

Baca Juga: Memahami Petty Cash atau Kas Kecil dalam Pembukuan

Komponen Laporan Arus Kas

Selain mengetahui metode pembuatan laporan cash flow, Anda juga perlu mengetahui komponen-komponen pentingnya. Berikut komponen laporan arus kas yang perlu diketahui;

1. Arus kas berasal dari kegiatan operasi

Arus kas ini mencakup segala transaksi yang terjadi pada kegiatan operasi. Transaksi yang dimaksud meliputi adanya pemasukan maupun pengeluaran yang dilakukan perusahaan. Beberapa contoh laporan arus kas pada kegiatan operasi termasuk gaji karyawan, pemasukan dari investor, pembayaran pajak maupun utang, dan lain-lain.

2. Arus kas berasal dari kegiatan investasi

Berbeda dengan kegiatan operasi, cash flow yang berasal dari kegiatan investasi berhubungan dengan adanya penjualan maupun pembelian yang dilakukan oleh aktiva perusahaan. Pasalnya, arus kas ini akan berpengaruh terhadap investasi dalam aset non lancar.

3. Arus kas berasal dari kegiatan pendanaan

Arus kas ini sangat dipengaruhi oleh adanya transaksi utang dan ekuitas perusahaan. Transaksi yang dimaksud ialah mengenai pembuatan dan penghentian surat berharga ekuitas maupun utang.

Manfaat Laporan Arus Kas

Adanya laporan arus kas tentu memiliki manfaat bagi perusahaan. Berikut manfaat laporan cash flow yang perlu Anda ketahui;

  • Dapat memprediksi cash flow yang akan datang berdasarkan cash flow sekarang.
  • Dapat mengukur keberhasilan perusahaan dan laba bersih yang diperoleh.
  • Dapat meningkatkan kinerja perusahaan berdasarkan laporan keuangan.
  • Dapat menentukan pembayaran deviden dan kewajiban pajak sesuai kemampuan perusahaan.

Itulah sedikit ulasan penting mengenai laporan arus kas yang perlu Anda ketahui dalam mengelola perusahaan. Semoga bermanfaat!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend