Kartu BPJS Hilang atau Rusak? Simak Cara Mengurusnya di Sini!

February 16, 2022by Admin dua0
cetak-kartu-bpjs-kesehatan.width-800.jpegquality-80.jpg

Apakah Anda sedang kebingungan karena kartu BPJS hilang atau rusak? Tenang, jangan dibuat pusing. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kartu BPJS kembali.

Kartu BPJS, khususnya BPJS Kesehatan, yang hilang atau rusak bisa diurus secara online dan offline. Kedua cara tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Bagi Anda yang familier dengan dunia digital, tidak gagap teknologi, Anda bisa memanfaatkan cara online. Cara ini bisa dibilang lebih simpel, sebab bisa dilakukan dengan smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang Secara Online

Untuk mendapatkan kembali kartu BPJS Kesehatan, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Menginstal aplikasi BPJS Kesehatan yang bernama Mobile JKN di ponsel pintar.
  2. Jika sudah menginstal, urus kartu BPJS Hilang dengan melakukan registrasi pada aplikasi. Pada tahap ini, Anda perlu menyiapkan KTP, nomor BPJS, dan nomor telepon aktif.
  3. Langkah selanjutnya adalah login ke akun yang sudah dibuat, dan mencari fitur menu bernama Cetak e-ID
  4. Klik menu tersebut, lalu pilih ikon surat elektronik dan ikuti terus tahapannya hingga Anda menerima surel berisi lampiran kartu BPJS Anda.
  5. Kemudian, unduh lampiran tersebut dan cetak menggunakan kertas PVC atau jenis kertas yang biasa dipakai untuk ID Card. Pengurusan kartu BPJS yang hilang secara online pun selesai.

Baca Juga: Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan Program JHT, JKK, JKM & JP

 

Cara Urus Kartu BPJS Hilang Secara Offline

Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan teknologi smartphone, cara offline sangat direkomendasikan. Di sini Anda tidak perlu menginstal aplikasi dan membuat akun. Namun, Anda harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Persiapkan dahulu berbagai dokumen yang nanti akan dibutuhkan, seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Keterangan Kehilangan (surat ini bisa diperoleh dengan membuat laporan di kantor polisi setempat).
  2. Jika kartu tidak hilang, tetapi hanya rusak, maka tidak perlu membawa surat kehilangan. Anda cukup membawa kartu BPJS yang rusak tersebut.
  3. Di kantor BPJS, sampaikan maksud kedatangan Anda, yaitu untuk membuat kartu BPJS baru karena kartu hilang atau rusak. Anda akan diarahkan petugas ke bagian terkait.
  4. Berikan semua dokumen yang diminta oleh petugas, dan tunggu proses pengurusan sampai selesai.
  5. Proses pencetakan kartu BPJS Kesehatan yang baru membutuhkan waktu yang berbeda-beda di setiap kantor BPJS. Anda cukup mengikuti instruksi petugas, apakah menunggu pada hari tersebut atau kembali lagi besok.
  6. Proses pengurusan kartu BPJS pun selesai.

Baca Juga: Serba-Serbi Jaminan Pensiun yang Wajib Anda Ketahui

Demikian ulasan terkait pengurusan kartu BPJS Kesehatan yang hilang atau rusak. Prosesnya tergolong sederhana sebab saat kartu BPJS hilang atau rusak sebenarnya hanyalah fisik kartu, sementara data-datanya masih tersimpan.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend