Jasa Konsultan Pajak: Jenis Layanan dan Manfaat Menggunakannya

October 12, 2020by Admin dua0
1068-1-1280x853.jpg

Jasa konsultan pajak, seperti namanya, merupakan seseorang atau lembaga yang menyediakan jasa konsultasi untuk masalah perpajakan. Namun, jasa apa saja yang ditawarkan oleh seorang konsultan pajak? Apa manfaatnya menggunakan jasa ini dan perlukah kamu menggunakannya? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Jasa Konsultan Pajak

Mengutip dari situs Pajak.go.id, konsultan pajak adalah orang atau badan yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Orang atau badan yang menawarkan jasa konsultan pajak ini telah memenuhi berbagai macam syarat, seperti menjadi anggota salah satu asosiasi konsultan pajak yang terdaftar di Dirjen Pajak, memiliki sertifikat konsultan pajak, serta memiliki izin praktik konsultan dari Dirjen Pajak atau pejabat yang ditunjuk dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Selain itu, konsultan pajak juga memiliki beberapa kewajiban, yaitu:

  1. Memberikan jasa konsultasi pada wajib pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Mematuhi kode etik konsultan pajak dan berpedoman pada standar profesi konsultan pajak yang diterbitkan oleh asosiasi konsultan pajak.
  3. Mengikuti kegiatan pengembangan profesional berkelanjutan yang diselenggarakan atau diakui oleh asosiasi konsultan pajak dan memenuhi satuan kredit pengembangan profesional berkelanjutan.
  4. Menyampaikan laporan tahunan konsultan pajak.
  5. Memberitahukan secara tertulis setiap perubahan pada nama dan alamat rumah dan kantor dengan melampirkan bukti perubahan dimaksud.

Baca juga: Apa itu Konsultan Pajak? Apa Peran dan Manfaat bagi Anda?

Jenis Layanan Konsultan Pajak

Seorang atau lembaga jasa konsultan pajak memiliki atau menawarkan layanan pada kliennya sebagai berikut:

  1. Patuh terhadap pajak. Adanya jasa konsultan perpajakan turut membantu wajib pajak di Indonesia agar menjalankan kepatuhan perpajakan. Umumnya, ketidakpatuhan wajib pajak terhadap pajak karena ketidaktahuan atau kurang memahami prosedur perpajakan. Karena itu, konsultan pajak membantu memberikan informasi dan memandu wajib pajak untuk mematuhi pajak sesuai peraturan yang berlaku.
  2. Hitung rencana pajak. Jika klien merupakan pengusaha kena pajak (PKP), ia harus memiliki perencanaan perhitungan pajak dalam usahanya, termasuk jenis pajak yang dikenakan pada usahanya tersebut. Jasa konsultan pajak membantu klien menghitung perencanaan pajaknya.
  3. Pendampingan klien dalam proses penghitungan pajak. Jika klien merasa kebingungan dalam menghitung pajaknya, terlebih ketika sedang ada pemeriksaan pajak, konsultan pajak akan membantu dalam hal pendampingan, seperti mendampingi dalam melakukan proses penghitungan, sampai menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.
  4. Pemeriksaan laporan pajak. Jika sudah membayar pajak, konsultan pajak turut membantu klien dalam memeriksa laporan pajak yang diterima. Mulai dari melalui prosedur yang benar, sampai evaluasi atas besaran pajak yang telah dilaporkan. Dengan begitu, klien dapat meminimalisir kesalahan laporan pajaknya.
  5. Restitusi pajak. Kalau klien harus melakukan pengembalian kelebihan pembayaran pajak atau restitusi, konsultan pajak dapat membantu dalam hal mengajukan pengembalian tersebut. Mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir diterimanya pengembalian kelebihan pajak.
  6. Konsultasi. Seorang konsultan pajak selalu siap dengan saran dan bantuan ketika klien menghadapi masalah terkait dengan pajak.
  7. Penyelesaian sengketa pajak. Seorang konsultan pajak juga dapat menawarkan layanan penyelesaian sengketa pajak jika klien menghadapi situasi tersebut.

Manfaat Menggunakan Konsultan Pajak

Ketika memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak, ada beberapa manfaat yang dapat Anda nikmati, di antaranya:

  1. Efektif dalam Penghitungan Perpajakan

Karena terlatih dan ahli dalam urusan perpajakan, tentunya konsultan pajak dapat menghitung besaran pajak dengan lebih efektif dan lebih akurat. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko kesalahan hitung yang menyebabkan Anda kurang atau lebih bayar pajak. Selain itu, Anda atau tim di perusahaan juga akan mendapatkan pendampingan dalam proses penghitungan pajak.

  1. Tuntas Menyelesaikan Masalah Pajak

Masalah pajak dapat beragam, mulai dari telat bayar atau lapor pajak, salah hitung tarif pajak, sampai sengketa pajak. Masalah seperti ini dapat menjadi beban ketika Anda kurang memahami urusan perpajakan, yang akan menyita waktu lama untuk menyelesaikannya. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, mereka akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah pajak secara tuntas.

  1. Mampu Melakukan Perencanaan Pajak

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, Anda dapat menggunakan layanan perencaan pajak yang mana konsultan akan membantu Anda dalam mendampingi dan membuat tax planning yang sesuai dengan kegiatan Anda.

  1. Hemat Biaya Operasional

Faktanya, Anda dapat menghemat biaya operasional dengan menggunakan jasa konsultan pajak. Jika menjalankan bisnis, Anda tidak perlu merekrut banyak orang hanya untuk mengurus pajak perusahaan. Anda dapat menyerahkan urusan perpajakan pada jasa konsultan pajak. Hemat biaya, efektif dalam mengelola pajak.

  1. Fokus Pada Bisnis

Dengan menyerahkan urusan perpajakan pada konsultan pajak, artinya Anda tidak akan lagi berhadapan dengan administrasi pajak yang cukup kompleks. Jadi, Anda dapat memfokuskan tenaga dan pikiran pada hal lain yang lebih penting, seperti membuat rencana dan menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis Anda.

  1. Mudah Melaksanakan Kepatuhan Pajak

Tidak dipungkiri, ada berbagai jenis pajak yang diatur oleh berbagai jenis peraturan perundang-undangan. Hal ini dapat menyebabkan kerumitan, khususnya pada mereka yang kurang awam dengan pajak. Akhirnya, ini menghambat mereka untuk taat pajak. Jasa konsultan pajak akan membantu mempermudah Anda dalam melaksanakan kepatuhan pajak sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Baca juga: Yuk Mengenal Lebih Dekat Profesi Konsultan Pajak!

Haruskah Anda Menggunakan Jasa Konsultan Pajak?

Baik pribadi maupun pebisnis, Anda dapat menggunakan jasa konsultan pajak untuk mempermudah Anda dalam melaksanakan kepatuhan pajak. Terutama jika Anda pebisnis atau perwakilan perusahaan yang mengurus pajak badan yang terdiri dari berbagai jenis pajak, adanya konsultan pajak dapat membantu meringankan pekerjaan Anda. Mulai dari mengurus administrasi perpajakan, menghitung tarif pajak secara akurat, membayar dan melaporkan pajak tepat waktu, menangani masalah perpajakan dengan tepat, serta mendampingi Anda ketika mendapatkan pemeriksaan perpajakan. Dengan begitu, tidak perlu lagi ada rasa khawatir dengan pajak perusahaan.

Sebagai jasa konsultan pajak berpengalaman dan ahli di bidangnya, Rusdiono Consulting siap membantu Anda dalam melaksanakan kepatuhan pajak. Tidak hanya itu, tim Rusdiono Consulting juga dapat membantu Anda dalam hal finansial, internal audit, layanan likuidasi, juga layanan untuk UMKM. Hubungi Rusdiono Consulting untuk informasi lebih lanjut.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!