Mengenal Funding Startup dan Level Pendanaannya

September 12, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-09-11-at-3.13.27-PM.jpeg

Kini perusahaan startup yang pada dasarnya menjalankan bisnis dengan memanfaatkan teknologi semakin banyak dan meluas. Bahkan banyak sekali lulusan kuliah yang tertarik untuk bekerja di sana. Ada yang beralasan perusahaan startup merupakan perusahaan yang cukup maju dan berkembang. Ada juga yang beranggapan perusahaan startup lebih mudah karena menggunakan kemajuan teknologi.

Salah satu perbedaan perusahaan startup dengan yang lain ialah pendanaannya yaitu dengan funding. Dalam dunia bisnis istilah funding bukanlah hal yang asing. Hampir setiap perusahaan startup melakukan funding untuk mengembangkan bisnisnya. Nah, buat kamu yang baru terjun ke dunia bisnis berikut akan dijelaskan sedikit mengenai apa itu funding bagi startup dan cara kerjanya. Yuk, kita simak!

Apa itu funding?

Singkatnya, funding adalah sebuah aktivitas penggalangan dana untuk perusahaan dengan cara mempresentasikan mengenai produk atau bisnis yang dijalankan kepada para calon investor. Para investor yang tertarik akan mendalaminya dan bersedia menanamkan saham pada perusahaan startup tersebut.

Startup funding atau pendanaan startup bisa digunakan untuk dana utama maupun dana tambahan pada sebuah proyek maupun program perusahaan. Sebisa mungkin, buat kamu yang ingin funding harus mempersiapkan presentasi yang menarik bagi investor yang tertarik dengan bidang yang sedang kamu geluti entah itu bisnis pangan, property, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Joint Venture, Jenis Kerja Sama Antar Perusahaan yang Menguntungkan

Level Pendanaan Startup : Series ABCD Funding

Perlu kamu ketahui bahwa pendanaan startup memiliki beberapa tingkatan meski pada dasarnya cukup mudah didapatkan. Berikut setiap tahapan proses pendanaan startup;

1. Pre-Seed Funding

Tingkatan ini merupakan pendanaan untuk awal mula dibangunnya perusahaan startup. Biasanya, sumber dana bisa diperoleh dari tabungan sendiri, saudara, maupun keluarga terdekat. Meski memungkinkan juga bisa didapat dari orang luar yang tertarik dengan kondep bisnis yang kamu miliki.

2. Seed Funding

Pada tahap ini cukup banyak perusahaan startup yang berhenti berjuang karena persaingan yang cukup ketat. Pendanaan pada tingkat ini biasanya pada perusahaan yang sudah berproses dan ingin berkembang. Kamu tentu perlu pintar-pintar dalam memasarkan produk yang kamu bawa agar banyak investor juga yang tertarik untuk memberikan modal tambahan.

3. Series ABCD Funding

Pada pendanaan startup lanjutan ada beberapa tahapan yang disebut dengan series ABCD funding. Pada tahapan series ini, tergantung dari kinerja yang telah dicapai sebuah perusahaan. Berikut penjelasan singkatnya;

  • Seri A : Pendanaan lanjutan yang bisa diperoleh perusahaan yang telah mencapai performa tertentu. Kamu perlu membuktikan bahwa produk yang dibawa layak untuk mendapatkan dana lanjutan.
  • Seri B : Biasanya, pendanaan ini khusus untuk perusahaan yang sudah memperoleh laba. Sebagian besar produk pun telah dimiliki sebagian besar konsumennya.
  • Seri C : Perusahaan yang mendapatkan pendanaan seri C biasanya yang sudah mencapai level bisnis yang sudah matang dengan performa yang selalu naik.
  • Seri D : Pendanaan ini biasanya untuk perusahaan yang sudah maju namun menawarkan produk baru yang ingin diangkat.

4. IPO (Innitial Public Offering)

Perusahaan yang telah mencapai tahap funding ini biasanya telah menawarkan saham bisnis tidak hanya ke beberapa investor, namun juga ke masyarakat luas. Nantinya masyarakat yang memiliki saham perusahaan berhak mendapatkan deviden setiap tahunnya.

Baca Juga: Penanaman Modal Asing: Tujuan, Syarat dan Prosedurnya

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai funding. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan!

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend