Mengenal Pengertian, Metode dan Jenis-jenis Ekuitas

July 25, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-07-24-at-6.47.20-AM.jpeg

Ekuitas adalah modal atau sejumlah hak maupun aset yang dipakai oleh perusahaan untuk melakukan operasinya. Metode ekuitas  sendiri dalam akuntansi adalah total aset dikurangi dengan kewajiban.

Unsur dalam ekuitas adalah modal disetor, laba ditahan, modal sumbangan, modal penilaian kembali dan modal lain. Pentingnya ekuitas adalah salah satu faktor penentu harga saham tersebut. 

Jenis-jenis Ekuitas

Bila harga saham tinggi maka investor meyakini bahwa prospek perusahaan tersebut baik di masa datang. Jenis ekuitas terbagi menjadi lima kelompok diantaranya adalah :

1. Ekuitas Merek

Ekuitas merek mengacu pada brand awareness. Nilai ini berkaitan dengan kualitas yang konsumen rasakan dari barang atau jasa yang diterimanya. Bila produk direspon positif oleh konsumen maka akan meningkatkan loyalitas pembeli.

Semakin banyak pelanggannya maka nilai dari merek tersebut juga ikut naik.  Tiga hal yang mempengaruhi ekuitas merek diantaranya kesadaran akan merek, asosiasi konsumen dan kualitas yang dirasakan.

2. Ekuitas Rumah

Jenis ekuitas ini merupakan nilai rumah yang dikurangi dengan jumlah utama hipoteknya. Fungsinya sangat penting untuk pemodal yang ingin membeli atau menjual kembali rumah tersebut. Ekuitas ini merupakan tergolong nilai kepemilikan.

3. Pembiayaan Ekuitas

Ekuitas ini dinilai dari apakah perusahaan tersebut mampu menghasilkan profit yang berarti pada saat ini atau tidak. Cara untuk pembiayaan ekuitas dengan cara menjual saham yang ada di perusahaan ke investor lainnya. Hasil penjualan ini nantinya digunakan untuk ekspansi usaha.

4. Ekuitas Pemilik Perusahaan

Ekuitas pemilik perusahaan serupa dengan ekuitas pemegang saham. Perbedaannya terletak pada keuntungan dari ekuitas pemilik yang diambil dari semua bidang usaha termasuk didalamnya yang tidak ada pada bursa efek.

Contohnya saja ketika perusahaan memiliki tiga anak perusahaan. Dua diantaranya sudah melantai di bursa efek. Pemilik ekuitas saham hanya boleh memiliki hak atas dua perusahaan saja. Berbeda dengan ekuitas pemilik yang berhak atas aset dari ketiga perusahaan tersebut termasuk yang belum masuk bursa saham.

5. Ekuitas Pemegang Saham

Ekuitas pemegang saham adalah perwakilan total yang akan dikembalikan pada pemegang saham. Ketika semua aset berhasil dilikuidasi dan hutang dilunasi maka ekuitas ini akan menjadi faktor penentu kesehatan keuangan perusahaan serta nilai dari korporasi tersebut.

Ekuitas sendiri dilaporkan dalam laporan perubahan modal. Ekuitas ini bisa bertambah maupun berkurang dari laba rugi yang dihasilkan. Beberapa penyusun laporan ini diantaranya adalah modal awal periode, pengurangan satu periode, penambahan dan modal penutup periode.

Baca Juga: Apa itu Persamaan Dasar Akuntansi? Contoh Lengkap + Tabel

Ekuitas bisa berupa uang tunai maupun saham. Jika dalam bentuk saham bisa terdiri atas saham milik pemilik maupun yang dimiliki investor di luar perusahaan. 

Menurut PSAK No.21 ekuitas adalah hak pemilik perusahaan berupa selisih aset dan kewajiban yang ada. Nilainya bisa mengalami penurunan maupun kenaikan tergantung dari penyertaan pemilik maupun pembagian laba rugi.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend