Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat HP

March 30, 2022by Admin dua0
Mobile-JKN.jpg

Anda ingin mengecek tagihan BPJS Kesehatan, tetapi bingung bagaimana caranya? Anda tidak perlu bingung lagi, pasalnya cek tagihan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah lewat HP. Tidak hanya satu, pengecekan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Anda tinggal memilih cara mana yang menurut Anda paling mudah dan cepat.

Menelepon Care Center BPJS Kesehatan

Salah satu cara cek tagihan BPJS Kesehatan adalah dengan menelepon Care Center BPJS Kesehatan. Sebelumnya, nomor care center BPJS Kesehatan adalah 1500 400. Namun, kini nomor Care Center BPJS Kesehatan sudah diganti menjadi 165, dengan tujuan supaya mudah diingat dan lebih cepat diakses.

Selama masa transisi pergantian nomor, Care Center 1500 400 masih bisa diakses sampai dengan bulan Desember 2021. Karena sekarang sudah lewat masa transisi, Anda bisa menghubungi Care Center BPJS Kesehatan dengan nomor yang baru, yakni 165 untuk mengecek tagihan BPJS Anda.

Mention Media Sosial BPJS Kesehatan

Anda bisa me-mention akun resmi BPJS Kesehatan di Twitter untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS Anda. Setelah itu, pengecekan bisa dilanjutkan lewat DM (Direct Message) agar privasi lebih terjaga. Peserta perlu mengirimkan detail informasi berikut melalui DM:

  • Nomor JKN-KIS
  • Nama Lengkap
  • Tanggal Lahir

Selanjutnya, akun media sosial BPJS Kesehatan akan memberikan detail informasi mengenai tagihan Anda.

Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Anda bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN yang bisa di-download di Play Store dan App Store untuk berbagai keperluan, termasuk cek tagihan BPJS Kesehatan. Caranya, Anda login terlebih dahulu dengan mengisi Nomor Kartu BPJS/Email/Username, Password, dan Captcha. Namun apabila belum punya akun, Anda perlu registrasi terlebih dahulu. Setelah login, Anda bisa mengecek tagihan melalui fitur premi.

Baca Juga: Cara Cetak Kartu BPJS Secara Online dan Offline Tanpa Ribet

Cara Cek tagihan BPJS Kesehatan Lewat Whatsapp

BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi pesertanya, salah satunya dengan membuat chatbot yang disebut dengan Chika. Anda bisa menghubungi Chika melalui Whatsapp, FB Messenger, dan Telegram. Chika ini bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan termasuk cek tagihan.

Untuk cek tagihan BPJS Kesehatan lewat Whatsapp, Anda bisa mengirim pesan ke Chika dengan nomor 08118750400. Pesan yang Anda kirim akan dibalas secara otomatis oleh sistem menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Kirim pesan apa saja (bebas) ke nomor Chika di 08118750400
  • Selanjutnya Chika akan merespons dan memberikan beberapa opsi bernomor yang bisa dilakukan.
  • Untuk cek tagihan, Anda bisa membalas dengan mengetik 2
  • Selanjutnya, Anda perlu mengikuti instruksi yang diberikan Chika dan mengirim data-data yang diperlukan.
  • Jika instruksi yang diberikan sudah dilakukan dengan benar. Chika akan mengirimkan pesan yang berisi detail tagihan BPJS Kesehatan Anda.

Selain melalui Whatsapp, Anda juga bisa menghubungi layanan Chika lewat Facebook Messenger BPJS Kesehatan dan Telegram dengan alamat http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan lewat HP. Jika satu cara tidak berhasil, Anda bisa memilih cara yang lain.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend