Rusdiono ConsultingLaporan Keuangan - Rusdiono Consulting

November 14, 2019by admin3
Cari-Tahu-Langkah-Mudah-Membuat-Laporan-Keuangan-di-Sini-1280x853.jpg

Description: Sebagai dokumen penting untuk menunjukkan performa keuangan perusahaan, Anda akan membutuhkan informasi mengenai langkah mudah membuat laporan keuangan.

Sebagai catatan formal tertulis yang menerangkan aktivitas keuangan perusahaan, Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat mempersiapkan laporan keuangan. Sebaliknya, sudah ada banyak langkah mudah membuat laporan keuangan yang bisa dijadikan panduan!

Pada dasarnya, seperangkat laporan keuangan yang lengkap terdiri dari laporan penghasilan atau laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Jika Anda sudah memahami isi setiap laporan keuangan tersebut, langkah mudah membuat laporan keuangan yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Mencatat dan Menjumlahkan Setiap Transaksi pada Jurnal

    Setiap bukti transaksi penjualan, pembelian, sewa, penukaran barang, dan jenis transaksi lainnya harus Anda simpan baik-baik agar tidak hilang. Semua catatan ini dapat dilihat dari salinan faktur, kuitansi, dan nota resmi yang merincikan tanggal transaksi dan pihak-pihak yang terlibat. Catat semua transaksi untuk tahun berjalan yang Anda rangkum pada jurnal selengkap-lengkapnya.

  2. Memindahkan (Posting) Jurnal ke Dalam Buku Besar

    Sesudah jurnal pada langkah pertama dibuat, berikutnya Anda perlu memindahkan jurnal ke dalam buku besar, sebuah kompilasi rincian dari setiap akun yang ada. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan transaksi yang telah terdaftar tadi ke setiap akun yang sesuai.

  3. Menyusun jurnal penyesuaian

    Jika ada transaksi yang mungkin terlewat, belum tercatat, atau dilakukan pada saat penyusunan laporan keuangan, kumpulkan semua rincian data tersebut untuk nantinya ditulis dalam jurnal penyesuaian. Angka yang Anda dapat pada jurnal ini akan mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya. Jurnal penyesuaian sendiri mengacu pada jurnal yang disusun dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun.

  4. Menyusun neraca lajur

    Penyusunan neraca lajur akan memudahkan penyajian laporan keuangan di akhir, dimulai dari keterangan di neraca saldo yang dicocokkan dengan jumlah dari jurnal penyesuaian. Saldo yang telah sesuai akan bertindak sebagai angka yang disampaikan dalam laporan laba rugi dan neraca. Nilai tersebut juga akan muncul pada kolom neraca saldo yang sudah disesuaikan.

  5. Finalisasi laporan keuangan

    Tahap ini lebih mengacu pada perapian laporan di dalam neraca lajur yang sesuai dengan standar dan ketentuan laporan keuangan. Melakukan ini akan lebih mudah mengingat setiap jumlah telah terkategori dengan rapi di neraca lajur.

  6. Menyusun Neraca Saldo

    Neraca saldo merupakan sebuah daftar atau catatan setiap rekening buku besar dengan sisa kredit atau debit. Pada langkah ini, Anda perlu mengategorikan setiap baris rekening pada buku besar ke dalam bagian aktiva dan pasiva untuk penghitungan saldo dengan lebih mudah. Penyusunan neraca saldo akan membantu memeriksa apakah jumlah nilai kredit dan kredit dari seluruh rekening telah seimbang atau belum.

Demikianlah sejumlah langkah mudah membuat laporan keuangan yang bisa Anda cermati. Metode apapun yang Anda pakai dalam menyusun laporan keuangan, pastikan untuk selalu menyajikan rincian informasi dengan ketelitian tinggi. Selain menggambarkan situasi keuangan perusahaan, laporan tersebut akan dapat menjadi rujukan pada saat pengambilan keputusan.

admin


3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!