Cara Cetak Kartu BPJS Secara Online dan Offline Tanpa Ribet

February 23, 2022by Admin dua0
bpjs-1280x720.jpg

Kartu BPJS merupakan salah satu jenis kartu yang cukup penting. Sehingga, kita harus paham bagaimana cara cetak kartu BPJS untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kartu BPJS kita bermasalah.

Sebenarnya, cetak kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan itu sangat mudah untuk dilakukan. Kita bisa memanfaatkan layanan secara online dan juga offline.

Untuk mendapat informasi yang lebih jelas terkait pencetakan ulang kartu BPJS yang bermasalah, seperti misalnya kartu hilang atau rusak, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online dengan Mudah

Mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online merupakan salah satu cara yang paling dianjurkan bagi orang-orang jika membutuhkan kartu BPJS yang baru. Hal tersebut karena cara online adalah cara yang paling simpel.

Kartu BPJS Kesehatan bisa dicetak melalui aplikasi Mobile JKN maupun situs resmi BPJS Kesehatan. Cara cetak kartu BPJS dengan aplikasi bisa dilakukan dengan login terlebih dahulu ke dalam akun BPJS kita.

Jika sudah berhasil masuk, silakan klik menu “Kartu Peserta”. Kemudian, klik opsi “Kirim Email” supaya file kartu dikirimkan ke email kita. Setelah itu, buka email dan download file kartu BPJS yang diterima. Kita pun bisa segera mencetak kartu BPJS Kesehatan yang baru.

Sementara itu, untuk mencetak kartu BPJS melalui situs resmi caranya tidak terlalu berbeda dengan lewat aplikasi. Kita awali dengan login pada akun, mencari menu “Cetak Kartu”, klik tabData”, kemudian memilih opsi “Cari Data.

Selanjutnya masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta beberapa identitas diri untuk menemukan data kartu BPJS yang akan dicetak ulang. Jika sudah, kita bisa mencetak kartu BPJS secara langsung asalkan perangkat yang kita gunakan sudah terhubung dengan printer.

Cetak Ulang Kartu BPJS Kesehatan Secara Offline

Untuk mencetak kembali kartu BPJS secara offline, kita harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan secara langsung. Di sana kita akan mendapat pengarahan khusus dari petugas, sehingga tidak perlu khawatir akan kebingungan.

Kendati begitu, untuk mempersingkat waktu proses pencetakan kartu, kita harus melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Seperti misalnya KTP, KK, dan sebagainya.

Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Secara Online dan Offline

Selain kartu BPJS Kesehatan, kita juga perlu mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan apabila kita termasuk  peserta BPJS tersebut. Meski fungsi kartu BPJS Ketenagakerjaan ini tidak terlalu urgen, tetapi akan lebih baik jika kita memilikinya.

Untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara online, kita bisa memanfaatkan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan bernama JMO (Jamsostek Mobile). Lalu masuk ke menu “Profil Saya” dan klik “Kartu Digital Anda”. Setelah itu, unduh atau simpan kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan kita pun bisa mencetaknya secara mandiri.

Sementara itu, untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara offline bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung, atau dengan menghubungi pihak HRD di tempat kita bekerja.

Baca Juga: Kartu BPJS Hilang atau Rusak? Simak Cara Mengurusnya di Sini!

Demikian ulasan tentang cara cetak kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang mudah dilakukan, baik secara online maupun offline. Semoga bermanfaat.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend