Cara Cek Saldo Tapera dan Bagaimana Penghitungan Pajaknya

January 3, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-01-02-at-9.26.40-AM.jpeg

Cek saldo Tapera bagi pegawai negeri sipil (PNS) sangat mudah dan dapat dilakukan secara online. Tetapi sebelum beranjak ke cara mengecek saldo Tapera, akan kita ulas terlebih dahulu mengenai Tapera itu sendiri dan bagaimana terkait penghitungan pajaknya.

Sekilas Tapera

Tapera adalah kependekan dari Tabungan Perumahan Rakyat, merupakan solusi yang ditawarkan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah supaya memiliki tempat tinggal. Keberadaan Tapera diatur dalam Peraturan Pemerintah No.25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, yang resmi diberlakukan Mei 2020.

Merujuk pada PP No.25, dinyatakan bahwa para pekerja wajib mengikuti program Tapera dan membayar iuran sebesar tiga persen dari jumlah gaji. Rinciannya ialah  2,5% dibebankan pada pekerja dengan sistem langsung dipotong dari gaji, sedangkan 0,5% lagi ditanggung pemberi kerja. Pekerja yang dimaksud adalah Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara, Pekerja BUMDes, BUMD, BUMN, tak terkecuali pekerja swasta. Mereka di luar kategori yang telah disebutkan, bisa menjadi peserta mandiri dengan pembayaran iuran dilakukan sendiri. 

Dana yang terhimpun dari iuran wajib pekerja nantinya akan menjadi sumber pembiayaan pembangunan rumah dengan harga terjangkau namun layak bagi para peserta. Selain untuk pembelian rumah baru, dana Tapera juga dapat digunakan untuk membiayai perbaikan rumah. Perlu digarisbawahi, pembiayaan tersebut ialah untuk rumah pertama saja dan hanya diberikan satu kali. Besar pembiayaan tidak selalu sama bagi masing-masing perumahan. Pembiayaan bisa dilakukan lewat mekanisme jual-beli sesuai pengaturan dari penyelenggara program. 

Terdapat kriteria-kriteria yang harus dipenuhi untuk memperoleh pembiayaan perumahan, di antaranya ialah telah mengikuti kepesertaan Taperta sekurang-kurangnya selama satu tahun dan memang belum mempunyai rumah.  

Penghitungan pajak Tapera

Telah disampaikan sebelumnya di atas, pekerja diharuskan membayar iuran untuk Tapera dan dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membiayai kepemilikan rumah. Dana Tapera akan tersimpan dalam bentuk tabungan dan dikembalikan pada peserta saat pensiun. Dilihat dari sisi pajak, Tapera termasuk jenis taxable income later. Ketika Wajib Pajak menerima dana simpanan maka terkena PPh 21 sebab dianggap mendapatkan tambahan kemampuan penghasilan. 

Baca Juga: Berapa Besaran Tarif PPh 21 yang Berlaku Saat Ini?

 

Cara cek saldo Tapera

Itu tadi ulasan singkat tentang Tapera dan penghitungan pajaknya, sekarang kita lanjutkan ke langkah-langkah cek saldo Tapera bagi PNS aktif. 

  1. Buka web Tapera di https://peserta.tapera.go.id;
  2. Melakukan registrasi dengan menginput NIK serta alamat email;
  3. Sesudah menyelesaikan proses registrasi, peserta akan menerima kode OTP melalui email;
  4. Input kode OTP untuk mengakses halaman informasi;
  5. Peserta dapat mengecek saldonya di halaman informasi.

Hadirnya Tapera diharapkan menjadi salah satu jalan untuk menghapus kesenjangan sosial. Dengan pembiayaan dari Tapera, masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa terbantu untuk memiliki hunian yang layak.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend