Perlunya Memahami Apa Itu Payroll

January 7, 2022by Admin dua0
WhatsApp-Image-2022-01-02-at-10.17.13-AM.jpeg

Apa itu payroll mungkin tidak terlalu kita pahami meski cukup akrab di telinga. Di sini akan diulas mengenai payroll, untuk menambah pengetahuan para karyawan terkait sistem penggajiannya.

Payroll dan metode yang digunakan

Payroll adalah istilah yang dipakai untuk proses-proses yang terdapat pada sistem penggajian karyawan. Ada beberapa metode yang digunakan dalam perhitungan payroll, yaitu metode netto, metode gross, dan metode gross up.

  • Metode netto

Metode ini mungkin paling banyak dipakai perusahaan, dimana gaji yang diterima karyawan merupakan gaji bersih yang telah dipotong pajak dan iuran. Penerapan payroll dengan metode netto membuat perusahaan harus menghitung besaran pajak masing-masing karyawan dan membayarkannya beserta iuran-iuran.

  • Metode gross

Kebalikan dari metode netto, pada metode gross yang harus melakukan penghitungan dan pembayaran pajak ataupun iuran ialah karyawan itu sendiri. Perusahaan akan memberikan gaji tanpa potongan.

  • Metode gross up

Pada metode yang terakhir, biaya untuk pajak dan iuran akan diberikan perusahaan ketika gajian dalam bentuk tunjangan. Nantinya karyawan harus membayar secara mandiri pajak yang menjadi kewajibannya dan melaporkan pada perusahaan.  

Ketiga metode tadi memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Perusahaan bebas menentukan akan menggunakan metode yang mana. Saat ini telah banyak paket perangkat lunak untuk payroll, yang sangat membantu membuat sistem penggajian menjadi lebih efisien dan akurat.   

Hal-hal yang memengaruhi besaran gaji karyawan

Ketika menerima slip gaji lewat payroll, terkadang kita bertanya-tanya kenapa jumlahnya berbeda dari bulan sebelumnya. Supaya tidak lagi merasa bingung, berikut ini adalah hal-hal yang dapat berpengaruh pada besaran gaji yang diterima. 

  • Kehadiran

Tentu saja kehadiran menjadi komponen yang sangat diperhitungkan pada sistem payroll. Absen berhari-hari akan berpengaruh pada besar gaji yang diterima.

  • Lembur

Mengambil jatah lembur termasuk yang dihitung sistem payroll dan membuat jumlah gaji bertambah.

  • Bonus

Berhasil mencapai target yang ditetapkan perusahaan akan masuk di sistem payroll dan meningkatkan jumlah gaji.

Baca Juga: Mengenal Tantiem dan Bonus Tahunan Karyawan Lainnya

  • Denda dan potongan utang

Melakukan kesalahan yang merugikan bagi perusahaan seperti keterlambatan masuk kerja, secara otomatis melalui sistem payroll akan memotong gaji bulanan.  

Manfaat memahami payroll

Mengetahui dengan pasti berapa gaji bersih kita setelah dipotong pajak, iuran BPJS, dan lain sebagainya, akan memudahkan dalam mengatur dan merencanakan keuangan. Misalkan memiliki rencana untuk mengajukan pinjaman bagi suatu kebutuhan, kita akan dapat mengukur kesanggupan untuk membayarnya dan sangat membantu dalam menentukan tenor yang sesuai.

Sebagai karyawan, kita perlu memahami apa itu payroll karena berkaitan dengan gaji yang menjadi hak kita dan berhubungan dengan pajak yang menjadi kewajiban kita. Melalui payroll, karyawan dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai besar potongan-potongan dan gaji bersih yang diterimanya setiap bulan.

Admin dua


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Send this to a friend