Apa Itu EFIN Pajak dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? - Rusdiono Consulting

March 1, 2020by admin1
5-1280x854.jpg

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan terbesar negara. Lebih dari 75% pengeluaran negara didanai oleh pajak. Demi mendukung keberlangsungan pembangunan, pemerintah melalui Dirjen Pajak pun memberikan beragam kemudahan dalam hal pengurusan pajak.

Selain membuat NPWP online, Wajib Pajak juga bisa melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dengan prosedur yang lebih gampang dan praktis, yakni lewat Electronic Filing atau e-Filing Pajak. Melalui sistem ini, Wajib Pajak tidak perlu antre berlama-lama di Kantor Pelayanan Pajak.

EFIN Pajak untuk Pelaporan SPT

Nah, untuk bisa melakukan pelaporan SPT lewat e-Filing Pajak, seorang Wajib Pajak harus terlebih dahulu datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mendapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN).

EFIN adalah nomor identitas yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk beragam keperluan dan transaksi elektronik yang berhubungan dengan perpajakan, seperti lapor SPT dan pembuatan kode billing pembayaran pajak. EFIN ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak).

Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN?

Untuk memperoleh EFIN, Wajib Pajak perlu melakukan prosedur di bawah ini:

  • Mengajukan permohonan aktivasi EFIN di Kantor Pelayanan Pajak. Wajib Pajak harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan.
  • Menunjukkan KTP asli dan fotokopi (WNI). Paspor dan KITAS/KITAP (WNA)
  • Menyerahkan NPWP aktif.
  • Memiliki alamat e-mail aktif.

Anda akan dipandu oleh petugas Kantor Pelayanan Pajak untuk mengisi formulir pengajuan EFIN pajak. Jika formulir sudah selesai diisi, pimpinan kantor cabang selaku pengurus yang mewakili instansi akan menyetujui permohonan EFIN Anda.

Jika EFIN sudah aktif, segera gunakan untuk registrasi dan login di aplikasi DJP Online untuk mereset password. EFIN berlaku seumur hidup, jadi harap diingat dan disimpan baik-baik, ya. Jika sewaktu-waktu Anda lupa dengan EFIN, hubungi call center Kring Pajak di 1500200.

Dengan EFIN, Anda pun bisa melakukan pelaporan SPT dan administrasi pajak di mana saja dan kapan saja. Tidak ada lagi cerita telat melapor SPT karena keterbatasan waktu.

admin


One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!