13 Pengguna Laporan Keuangan dan Tujuan Penggunaannya - Rusdiono Consulting

June 16, 2020by admin1
1205-1280x853.jpg

Penyusunan laporan keuangan berguna untuk memberikan informasi dalam berbagai hal. Seperti pengambilan keputusan atau memantau kondisi keuangan. Tapi sebenarnya, siapa pengguna laporan keuangan? Informasi apa yang mereka butuhkan?

Secara garis besar terdapat 2 pengguna laporan keuangan utama, yaitu pengguna internal dan eksternal. Setiap pengguna memanfaatkan penyajian laporan keuangan dari sudut pandang yang berbeda.

Pengguna Laporan Keuangan Pihak Internal

Biasanya, pengguna internal menggunakan laporan keuangan untuk mengambil keputusan. Jenis laporan keuangan ini juga biasa disebut laporan keuangan manajerial. Beberapa cara pengguna internal menggunakan informasi laporan keuangan dengan cara berikut:

  • Menilai bagaimana manajemen bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya perusahaan.
  • Membentuk keputusan tentang kapan harus meminjam atau menginvestasikan sumber daya perusahaan. 
  • Membentuk keputusan ekspansi atau perampingan.

Lalu siapa saja pengguna laporan keuangan internal?

  • Pemilik

Pemilik menjadi seseorang yang paling tertarik pada laporan keuangan. Tidak hanya karena kepentingannya dalam melihat laba, melainkan juga informasi jumlah keuangan yang dimiliki untuk pendapatan pribadi. Pemilik ingin tahu seberapa banyak modal yang dibutuhkan bisnis untuk menghasilkan pendapatan penjualan.

  • Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan adalah pengguna pertama dan terutama dari laporan keuangan. Meskipun mereka orang-orang yang menyiapkan laporan keuangan, tetapi mereka sambil sambil mempertimbangkan kemajuan dan pertumbuhan perusahaan. 

Manajemen perusahaan melihat laporan keuangan dari perspektif likuiditas , profitabilitas, arus kas, aset dan kewajiban, saldo kas, persyaratan dana, utang yang harus dibayar, pembiayaan proyek, dan berbagai kegiatan operasional hari lainnya. Sederhananya, manajemen perusahaan memerlukan laporan keuangan untuk membuat keputusan tentang bisnis.

  • Karyawan

Karyawan melihat laporan keuangan perusahaan dari berbagai sudut pandang. Mereka ingin tahu apakah perusahaan memberi bonus atau kenaikan gaji yang tergantung pada kinerja keuangan perusahaan. 

Juga, mereka ingin memiliki pemahaman yang mendalam tentang bisnis dan situasi industri saat ini yang dapat dilihat dari laporan keuangan. 

Perusahaan juga dapat melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, karena itu, ingin agar karyawan mengetahui dan memahami keuangan perusahaan.

Bahkan sebagian karyawan melihat laporan keuangan perusahaan sebagai kemungkinan ekspansi dan peluang pengembangan karier mereka.

Pengguna Laporan Keuangan Pihak Eksternal

Pengguna eksternal terbagi atas 10 kelompok yang masing-masing memiliki tujuan dan minat yang berbeda. 

  • Investor

Investor dan calon investor tertarik pada potensi keuntungan dan keamanan investasi mereka. Laba di masa yang akan datang dapat diperkirakan dari kinerja laporan keuangan perusahaan yang lalu, khususnya laporan laba rugi.  

Investor juga memerlukan informasi keuangan untuk membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan dengan investasi mereka (saham), yaitu menahan, menjual, atau membeli lebih banyak.

  • Analisis Investasi

Analis investasi mengawasi dengan cermat laporan keuangan perusahaan. Mereka memiliki pengetahuan industri yang baik dan mengetahui kinerja perusahaan. Berdasarkan analisis mereka dari laporan keuangan, analisis investasi membuat keputusan apakah akan merekomendasikan saham perusahaan kepada klien mereka atau tidak.

  • Pemberi Pinjaman atau Kreditur

Pemberi pinjaman seperti bank tradisional, lembaga keuangan, kreditor ingin memeriksa kemampuan perusahaan untuk membayar utang. Dengan demikian, mereka membaca laporan keuangan perusahaan dan melihat apakah mereka akan memberikan pinjaman.

Biasanya, para pemberi pinjaman atau kreditur ini melihat likuiditas perusahaan – kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek.

  • Lembaga Pemeringkat

Lembaga pemeringkat kredit meninjau laporan keuangan perusahaan untuk memberikan peringkat kredit atas instrumen utang perusahaan. Perusahaan penerbit harus memberikan semua informasi kepada lembaga pemeringkat kredit.

Investor dari sekuritas ini dapat membuat keputusan berdasarkan informasi setelah lembaga pemeringkat memberikan peringkat yang jelas berdasarkan atas kondisi keuangan perusahaan.

  • Pelanggan

Sebagian pelanggan perlu melihat laporan keuangan perusahaan tempat mereka membeli barang atau jasa. Klien besar ingin memiliki kemitraan jangka panjang atau kontrak dengan perusahaan sehingga mereka ingin bekerja dengan perusahaan yang stabil secara finansial. 

Lebih lanjut, biasanya perusahaan yang kuat secara finansial dapat menyediakan pelanggan dengan penjualan kredit dan dapat memberikan produk dan layanan dengan harga diskon dibanding.

  • Kompetitor

Kompetitor ingin mengetahui status keuangan perusahaan yang bersaing. Mereka ingin mempertahankan keunggulan kompetitif pada pesaing mereka dan karenanya, ingin mengetahui kesehatan keuangan perusahaan lain. 

  • Pemasok

Pemasok, seperti pelanggan ingin berurusan dengan perusahaan yang memiliki kesehatan keuangan yang baik. Dengan demikian, mereka juga menjadi bagian dari pengguna laporan keuangan dan membuat keputusan dalam pemberian kredit kepada perusahaan.

  • Otoritas Pajak dan Pemerintah

Instansi pemerintah yang memantau dan mengurus perpajakan tertarik pada kisah keuangan suatu bisnis. Mereka ingin tahu apakah bisnis membayar pajak sesuai dengan undang-undang perpajakan saat ini.

Instansi pemerintah juga ingin melakukan prediksi pajak masa depan berdasarkan kinerja perusahaan dan praktik industri.

  • Serikat Pekerja

Serikat pekerja membutuhkan laporan keuangan untuk mengevaluasi kemampuan bisnis untuk membayar kompensasi dan manfaat kepada anggota serikat yang diwakilinya.

  • Masyarakat Umum

Siapa pun di luar perusahaan seperti peneliti, siswa, analis, dan lainnya tertarik pada laporan keuangan perusahaan dengan alasan valid tertentu.

Laporan keuangan perusahaan adalah informasi terpenting tentang perusahaan. Laporan keuangan memberikan gambaran yang jelas tentang urusan keuangan perusahaan, kinerjanya yang dapat dibandingkan dengan kompetitor dan mitra. Dengan demikian, berbagai pengguna dapat membaca dan memahami laporan keuangan perusahaan untuk tujuan mereka sendiri.

 

admin


One comment

  • ปั้มไลค์

    July 12, 2020 at 10:58 am

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Need Help?
Hello!